Inilah Empat Amalan Yang Bisa Melapangkan Rezeki

Reportase Terkini - Diantara sebab-sebab yang melapangkan rezeki adalah sebagai berikut :
1. Takwa pada Allah
Dengan bertakwa kepada Allah Swt., rezeki yang diharapkan akan terus bertambah. Allah Swt. berfirman, "Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS. Ath-Thalaq [65]: 2-3)




Setiap orang yang bertakwa, menetapi segala yang diridhai Allah dalam segala kondisi, maka Allah akan memberikan keteguhan didunia dan diakhirat. Salah satu dari sekian banyak pahala yang akan dia peroleh adalah Allah akan memberikan jalan keluar baginya dalam setiap permasalah dan problematika hidup, dan Allah akan menganugerahkan kepadanya rezeki secara tidak terduga.

2. Banyak bertaubat
Termasuk sebab yang mendatangkan rezeki adalah istigfar dan taubat, sebagaimana firman Allah Swt. yang mengisahkan tentang Nabi Nuh, "Maka, Aku katakan kepada mereka, 'Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh [71]: 10-12)
Baca Juga : Seorang Polisi Sedang Tilawah Al-Qur'an Di Waktu Istirahatnya Mendapat Pujian Dari Gubernur Jabar
3. Silaturahmi
Ada banyak hadis yang menjelaskan bahwa silaturahmi merupakan salah satu sebab terbukanya pintu rezeki, diantaranya adalah sabda Nabi Saw. sebagai berikut: "Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturahmi." (HR. Bukhari)

4. Gemar bersedekah
Sedikit orang yang mengambil jalan ini. Banyak orang kaya harta, namun masih miskin hati. Jiwa sosialnya masih perlu dipertanyakan. Bersedekah baginya adalah sesuatu yang kurang menguntungkan, karena ia kurang yakin dengan jaminan dari Allah. Padahal, Allah Swt. berfirman, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia adalah sebaik-baik Pemberi rezeki." (QS. Saba [34]: 39) [reportaseterkini]