SPONSOR


179Tidur adalah keperluan alami manusia. Dengan tidur yang berkwalitas, metabolisme tubuh diatur kembali. Kita juga mempunyai peluang untuk melakukan regenerasi/mengganti beberapa sel tubuh yang mati.

Bagaimana caranya memperoleh tidur yang baik serta berkwalitas? Salah satu langkahnya yaitu dengan memadamkan lampu di saat tidur normal (9 malam sampai 8 pagi) untuk memperoleh hormon melatonin dengan cara optimal.

Hormon Melatonin

Merupakan zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap serta berperan mengatur bioritme atau irama badan dalam hal penyusunan tidur.

Kadarnya tertinggi diketemukan mendekati pagi hari seputar jam 02. 00 – 04. 00 serta terendah di sore hari. Ini dapat menjawab mengapa orang makin bertambah umur makin sedikit tidurnya, lantaran dengan cara alamiah, produksi hormon melatonin ini dapat bakal alami penurunan, searah dengan bertambahnya umur manusia.

Penurunan yang mencolok umumnya berlangsung seputar umur 40 th. hingga dengan berkurangnya hormon ini jadi kwalitas tidurpun bakal alami penurunan serta kerap berefek pada kesusahan tidur.

Faedah lainnya melatonin yaitu juga sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak serta air, tingkatkan imun badan menyebabkan relaksasi otot serta menolong tingkatkan mood serta menyingkirkan kemelut. Jadi baiknya bila tidur lampu dimatikan supaya dapat mengoptimalkan produksi melatonin.

Memanglah, ada beberapa orang yang terasa tak nyaman, atau bahkan juga tidak bisa tidur pada keadaan gelap. Tetapi bila lihat faedah atau efeknya, hal semacam ini butuh di perhatikan juga. Diantaranya dengan tak tidur dibawah pencahayaan segera (dari lampu kamar), terlebih untuk anak-anak yang masih juga dalam saat perkembangan.

Matikan Tv serta Musik

Rutinitas tidur sembari dengarkan musik, atau melihat tv hingga tertidur, atau membiarkan lampu di ruang menyala jelas, memang susah di hilangkan serta menurut beberapa orang keadaan seperti itu membuat mereka jadi lebih cepat tertidur.

Namun sebenarnya sesudah terbangun mereka terasa lebih tegang (stress). Bahkan juga ada yang merasa seperti tak tidur semalaman.

Penjelasannya :

Ketika kita tidur sebenarnya otak tak pernah tidur. Otak senantiasa menggerakkan aktivitasnya meskipun tak sesibuk seperti di waktu bangun, yakni menggerakkan system metabolisme badan.

Saat malam hari, bersamaan berkurangnya kesibukan badan, ritme gelombang otak juga alami penurunan. Tetapi jika kita tidur sembari dengarkan musik, tv dalam situasi hidup atau lampu ruang tengah menyala jelas, jadi gelombang nada atau sinar yang dipancarkan oleh peralatan itu terus di terima oleh indera pendengaran serta pandangan kita.

Gelombang nada di terima oleh alat pendengaran didalam telinga serta gelombang sinar terus bisa menembus kelopak mata serta di terima oleh retina serta lensa mata. Gelombang-gelombang itu bakal diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat bakal kembali terangsang untuk bekerja serta memproses info yang masuk.

Jika hal semacam ini berjalan sepanjang malam, bermakna kita cuma tidur menurut badan luar, namun tak menurut otak. Otak selalu bekerja memproses info yang masuk itu. Jadi janganlah dibiarkan otak anda kelelahan lantaran mesti terus bekerja saat malam hari, sedang di siang hari otak akan diperas oleh aktivitas teratur kita. (annida
IKLAN

Laporkan Masalah Ngawi Cyber

Ikuti Update Terbaru

Posting Komentar

sponsor
Diberdayakan oleh Blogger.