Cara Menambahkan Navigation Bar Android Lollipop ke ASUS Zenfone 6

Harga Hp Android – Bagaimana cara menambahkan navigation bar Android Lollipop ke ASUS Zenfone 6, apakah sukar? Jawabnya tidak.

Menambahkan navigasi bar bergaya Android 5.0 Lollipop di layar ASUS Zenfone 6 bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan GravityBox, satu modul dari Xposed.

Patut diingat jika ASUS Zenfone 6 memiliki tombol kapasitif yang terletak di bawah layar. Jika memang sudah ada tombol itu lantas mengapa perlu menambahkan navigation bar lagi?

Ada beragam alasan yang bisa disebutkan. Selain faktor iseng, alasan lain yang cukup masuk akal yakni faktor “gelap.” Apa maksudnya? [Baca: 10 Aplikasi Android Material Design Wajib Instal untuk ASUS Zenfone 6].

Tombol kapasitif ASUS Zenfone 6 tidak “menyala” yang cukup buat kesulitan jika diakses tatkala minim cahaya. Misalnya di malam hari atau ketika Anda berada di dalam ruangan. Anda pasti sukar meraba-raba mana tombol yang tepat untuk menavigasi Zenfone.

Cara Menambahkan Navigation Bar Android Lollipop ke Zenfone 6
Gambar 1 / Navigation bar bergaya Android Lollipop di antarmuka aplikasi Twitter, Instagram, dan FB. 

Pasti pernah mengalami situasi ini dimana Anda musti meraba-rama untuk menyentuh tombol back atau home. Jika sudah “hafal” tata letaknya memang tidak sukar untuk mencari posisi tombol-tombol kapasitif tersebut [Baca: Cara Mencegah Aplikasi Android Startup di ASUS Zenfone 6].

Plus & Minus

Dengan menambahkan tombol navigasi bar yang terletak di “dalam” layar maka tombol ini akan “menyala” meski ada di kondisi pencahayaan kurang. Tapi efeknya, seakan ada dua tombol navigasi. Baik itu tombol kapasitif ASUS Zenfone 6 dan navigasi bar dari Lollipop. Ohya satu lagi alasan yang masuk akal. Jika tombol kapasitif Zenfone 6 rusak, maka mau tidak mau Anda musti menambahkan tombol “virtual.” Ini salah satu solusinya mengatasinya.

Semua terserah Anda apakah ingin mencoba atau tidak. Jika yang gemar utak-atik Android tidak ada salahnya mencoba ini. Apakah tips ini bisa membuat perangkat rusak? Sepertinya tidak. Telah dicoba di ASUS Zenfone 6 dan semua baik-baik saja. Jika Anda ragu melakukan tips ini juga tidak mengapa. Sekali lagi, semua terserah Anda [Baca: Cara Menghilangkan Iklan di ASUS Zenfone 6].

Sebelum melakukan tips ini pastikan perangkat ASUS Zenfone 6 dalam kondisi root. Pastikan pula sudah mengunduh Xposed Installer (unduh di sini) dan modulnya yang bernama GravityBox (unduh di sini). Jika bahan-bahannya sudah disiapkan, kini saatnya mempraktikkan tips menambahkan navigasi bar Lollipop ke ASUS Zenfone 6.

Cara menambahkan navigas bar Android Lollipop ke ASUS Zenfone 6:
  1. Buka aplikasi Xposed lalu tap “Framework” dan pilih “Install/Updates” lalu perangkat akan reboot.
  2. Setelah menyala, buka kembali aplikasi Xposed pilih “Module” dan centang “GravityBox.”
  3. Kembali ke laman utama aplikasi Xposed, pilih “Framework” dan tap “soft reboot” lalu perangkat akan reboot.
  4. Setelah ASUS Zenfone 6 menyala, buka aplikasi GravityBox, pilih “Navigation bar tweaks” kemudian di opsi “GENERAL” di “Master switch” set ON dan centang “Enable navigation bar” lalu cari opsi “Use Lollipop icons.”
  5. Kemudian akan muncup pop-up menu dan pilih “Original.”
  6. Reboot perangkat untuk mengaktifkan.
  7. Selesai, perhatikan di layar ASUS Zenfone 6 akan muncul navigasi bar bergaya Lollipop dengan ikon-ikon khas segitiga (back), bulat (home), dan kotak (recent app).
Cara Menambahkan Navigation Bar Android Lollipop ke Zenfone 6
Gambar 2 / Antarmuka aplikasi GravityBox.

Pada gambar 1 di tangkap gambar yang ada navigasi bar memiliki warna yang sama dengan status bar. Anda bisa menyetingnya dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama Flat Style Colored Bars. Warna navigasi bar bakal memiliki warna yang sama dengan warna status bar. Silakan baca panduan lengkapnya di ulasan yang pernah dikupas sebelumnya [Baca: Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan].

Tips yang tidak kalah menarik masih terkait status bar yakni mengganti warna keyboard sesuai dengan warna status bar. Pernah dikupas sebelumnya pula dan Anda bisa baca lengkap di ulasan ini [Baca: Cara Mengubah Warna Keyboard ASUS Zenfone 6 Sesuai Warna Status Bar]. Pada gambar 2 adalah tampilan antarmuka aplikasi GravityBox. Bagi Anda yang merasa kesulitan di tahapan-tahapan prosesnya bisa melihat gambar tersebut.

Demikian cara menambahkan navigation bar Android Lollipop di ASUS Zenfone 6, semoga bisa membantu Anda yang ingin menambahkan tombol navigasi bar di layar selain tombol kapasitif yang telah ada.