Cara Mengubah Status Bar ASUS Zenfone 6 Seperti Android Lollipop

Harga Hp Android – Bagaimana cara mengubah tampilan status bar ASUS Zenfone 6 agar seperti status bar Android Lollipop 5.0, apakah harus perle dioprek-oprek perangkatnya? Gaswat dong!

Tidak jawabnya. Dengan bantuan satu modul dari Xposed kita bisa lakukan itu dalam hitungan detik saja, tanpa perlu Zenfone diotak-atik.

Dengan Xposed, kita bisa mengubah tampilan ASUS Zenfone 6 suka-suka. Tanpa perlu dioprek-oprek, instal custom ROM, dan sejenisnya.

Xposed juga bisa dimanfaatkan untuk mengubah status bar menjadi transparan [Baca: Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan]. Bagaimana cara mengubah tampilan status bar ASUS Zenfone 6 agar seperti status bar Android Lollipop?

Cara Mengubah Status Bar Zenfone 6 Seperti Android Lollipop
Xposed Installer dan xStana.

Ada banyak manfaat yang bisa digali dari Xposed. Untuk kali ini salah satu manfaat tersebut yakni dalam mengubah status bar ASUS Zenfone 6 agar mirip dengan tampilan Lollipop. Tidak hanya status bar saja, navigasi bar juga bisa diubah dengan gaya Lollipop berikon segitiga, bulat, dan kotak [Baca: Cara Menambahkan Navigation Bar Android Lollipop ke ASUS Zenfone 6].

Cara mengubah status bar ASUS Zenfone seperti Android Lollipop:

Sebelum melakukan tips ini, pastikan ASUS Zenfone 6 Anda telah dalam kondisi root. Jangan lupa unduh Xposed Installer (download di sini) dan satu modul Xposed yang bernama xStana (unduh di sini). Jika semuanya sudah siap maka kita bisa segera mempraktikkannya.
  1. Buka aplikasi Xposed dan tap “Frameworks” kemudian pilih “Install/Update” lalu perangkat akan reboot.
  2. Setelah ASUS Zenfone 6 menyala, buka kembali Xposed lalu pipih “Module” dan centang “xStana.”
  3. Kembali ke laman utama aplikasi Xposed, tap “Framework” dan tap “soft reboot.” Perangkat akan kembali reboot.
  4. Setelah menyala, buka aplikasi xStana dan akan ada dua tampilan di aplikasi itu. Di bagian atas tertampil status bar berbagai gaya atau tema. Geser ke kanan kiri untuk mencari status bar yang diingin. Misalkan ASOP L Preview/Concept atau Lollipop.
  5. Di bagian bawah ada pelbagai tema pula untuk navigation bar. Pilih salah satu misalkan saja Lollipop.
  6. Jika sudah memilihnya centang tanda hijau di bagian pojok kiri bawah lalu restart perangkat.
  7. Bimsalabim, ASUS Zenfone 6 sudah berubah statusnya seperti Lollipop.
Patut diingat, untuk melihat perubahan tampilan status bar membutuhkan aksi reboot atau restart perangkat. Tanpa reboot, status bar tidak akan berubah saat itu juga. Tidak sukar bukan cara mengubah status bar ASUS Zenfone 6 seperti Android Lollipop? Selamat mencoba.