Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone Menjadi Transparan

ngawicybers.blogspot.com – Bagaimana cara mengubah warna status bar Android ASUS Zenfone menjadi transparan? Cukup mudah sedianya. Cara ini umumnya juga dipakai untuk mengubah status bar Android di ponsel lain juga transparan atau mengikuti warna aplikasi yang dibuka.

Hanya dengan sedikit pengaturan maka status bar Zenfone 6 Anda bakal lebih menarik dan serupa dengan aplikasi bawaan ASUS lainnya.

Patut diketahui jika sejumlah aplikasi default ASUS juga memiliki tampilan serupa. Tidak percaya? Buka saja aplikasi bawaan ASUS seperti Calculator, Browser, File Manager, dan lainnya.

Root

Sayangnya untuk melakukan ini perangkat Anda wajib dalam kondisi root. “Mengurut” perangkat adalah hal yang paling ditakuti oleh mereka yang baru saja memegang perangkat baru. Apalagi, garansi hp Android masih berjalan. User pasti "alergi" lakukan itu. Sebab, garansi akan hangus.

Cara Mengubah Status Bar Android Menjadi Transparan
Aplikasi bawaan ASUS di Zenfone 6 juga memiliki status bar transparan (foto: Androidauthority.com).

Namun harus bagaimana lagi, inilah syarat mutlak yang harus dilakukan. Tanpa root maka tips cara mengubah warna status bar Zenfone 6 menjadi transparan tidak bisa dilakukan. Sekarang semua kembali kepada Anda. Apakah mau mengubah status bar Android menjadi transparan, atau sayang garansi. Selain root, apalagi syaratnya?

Xposed

Secara sederhana Xposed adalah cara untuk otak-atik Android tanpa perlu custom rom. Kita bisa mengubah tampilan, menambah fitur, atau memaksimalkan fitur dengan mudah tanpa susah payah.

Untuk cara mengubah warna status bar Zenfone 6 menjadi transparan selain root wajib menggunakan Xposed dan Xposed Module. Untuk module-nya sendiri tersedia di Google Play Store dengan nama Flat Style Colored Bar.

Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan

Yang perlu dilakukan pertama kali dalam proses ini yakni pastikan perangkat Zenfone 6 Anda telah melakukan sejumlah persiapan yaitu:
  • Telah di-root.
  • Telah mengunduh Xposed Installer dan diinstal (unduh di sini).
  • Telah mengunduh module Flat Sytle Colored Bar dan diinstal (unduh di sini).
Kemudian, proses cara membuat status bar Zenfone 6 menjadi transparan yaitu:
  1. Buka aplikasi Xposed pilih “Frameworks” dan tap “Install/Update” kemudian perangkat akan reboot.
  2. Setelah menyala, buka kembali Xposed lalu pilih opsi “Module” dan centang “GravityBox.”
  3. Kembali ke laman muka Xposed buka “Frameworks” tap “Soft Reboot.”
  4. Setelah Android menyala, buka aplikasi “Flat Sytle Colored Bar.”
Secara otomatis maka warna status bar Zenfone 6 akan transparan atau mengikuti warna aplikasi yang sedang dibuka. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Cara Mengubah Status Bar Android Menjadi Transparan
Warna status bar Zenfone 6 akan transparan atau mengikuti warna aplikasi yang sedang dibuka.

Pada gambar di atas, ada empat susunan gambar jadi satu di aplikasi Facebook, Instagram, Twitter, dan Google Play Store. Ketika membua Facebook, maka otomatis warna status bar berubah menjadi biru tua. Ini berlaku pula saat membuka Twitter.

Flat Sytle Colored Bar

Apakah cara mengubah warna status bar Zenfone 6 menjadi transparan di aplikasi Flat Sytle Colored Bar membutuhkan setting? Sedianya tidak. Namun, ada baiknya Anda mengerti jika aplikasi ini memiliki sejumlah fitur. Perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Mengubah Status Bar Android Menjadi Transparan
Sejumlah opsi di aplikasi Flat Sytle Colored Bar.

Pada gambar poin 1 adalah laman utama aplikasi Flat Sytle Colored Bar. Abaikan semua tulisan dan fokus pada Status bar. Nah jika di-tap nantinya Anda akan menjumpai sejumlah opsi seperti terlihat di gambar poin 2 yakni:
  • None dan Flat hampir sama, status bar transparan.
  • Gradient: status bar muncul seperti ada bayangan.
  • Android L: status bar bergaya Android L dengan warna serupa tapi agak berbeda.
Perbedaan ini tidak begitu kentara sebab sedianya warnanya sama namun agal lebih “tua.” Misalkan saja Anda membuka aplikasi Youtube yang didominasi warna merah, pada status bar juga akan berwarna merah namun merah tua. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Mengubah Status Bar Android Menjadi Transparan
Salah satu opsi di Flat Sytle Colored Bar dengan gaya status bar "Android L."

Pada gambar di atas, warna lebih tua juga berlaku untuk aplikasi Chrome dan LINE. Kembali ke gambar di dua poin sebelumnya, di aplikasi Flat Style Colored Bars di laman utama Anda akan menjumpai opsi “Config Buttons.”

Opsi ini bisa diambil bila warna status bar tidak pas atau tidak sesuai. Tap saja opsi itu lalu set “on” maka akan ada ikon melayang yang jika di-tap akan muncul empat ikon melayang bulat. Perhatikan gambar poin 3 (aplikasi detik).

Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Manual

Di opsi tersebut kita bisa mengutak-atik warna status bar secara manual. Ada dua opsi yakni status bar dan navigasi bar. Namun, karena navigasi bar Zenfone 6 tertanam bukan tombol kapasitif maka opsi itu tidak berguna.

Maka, hanya opsi status bar yang bisa kita manfaatkan (empat tombol melayang, opsi status bar ada di paling kiri). Tap opsi itu maka akan muncul dua opsi “background” dan “Foreground.”

SARAN: Untuk kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan dalam membaca artikel situs ini, kami sarankan download aplikasi Sobat Android untuk smartphone dan tablet Android kamu. Ikuti berikut untuk mulai mengunduh (download via Google Drive).

Background untuk mengubah warna status bar dan Foregorund untuk mengubah warna teks dan ikon di status bar (sinyal, jam, prosentase baterai, dll). Hasilnya setelah diotak-atik seperti gambar di bawah ini (aplikasi BaBe).

Cara Mengubah Status Bar Android Menjadi Transparan
Aplikasi Babe setelah warna status bar-nya diubah secara manual.

Mudah bukan cara mengubah warna status bar Zenfone 6 menjadi transparan? Ohya, aplikasi Flat Style Colored Bars memang gratis namun menawarkan item pembelian di dalam aplikasi.

Singkatnya, versi gratis miliki opsi terbatas hanya mengubah warna background secara default untuk semua tampilan aplikasi. Jika ingin mencicipi empat opsi lengkap (None, Flat, Gradient, Android L) Anda wajib upgrade ke versi pro dengan biaya Rp 12.486. Selamat mencoba dan semoga berhasil!