Cara Nonton Video Youtube Offline Tanpa Koneksi Internet di ASUS Zenfone 6

Harga Hp Android – Bagaimana cara nonton video Youtube offline atau tanpa koneksi internet di ASUS Zenfone 6, apakah mudah? Tentu saja sangat mudah.

Tidak perlu aplikasi, tidak perlu root, dan tidak perlu oprek-oprek Android. ASUS Zenfone 6 bisa pula untuk nonton video Youtube offline seperti di Android One [Baca: Android One Evercoss, Nexian, Mito Bagus Mana?].

Nonton video Youtube offline bisa dikatakan aktivitas menonton video Youtube tanpa koneksi internet. Ini berarti jika ASUS Zenfone 6 tidak sedang terhubung dengan internet sekalipun, video masih bisa dinikmati.

Kita bisa menonton video di Youtube suka-suka tanpa batas. Namun, ada penjelasan di balik aktivitas ini mengapa itu bisa dilakukan. Bagaimana cara nonton video Youtube offline atau tanpa koneksi internet di Zenfone 6?

Cara Nonton Video Youtube Offline Tanpa Koneksi Internet di Zenfone 6
Pilih video saat online kemudian offline-kan ketika terhubung dengan internet.

Sedianya, video yang akan ditonton wajib “diunduh” terlebih dahulu. Sehingga, ketika ASUS Zenfone 6 dalam kondisi tidak terhubung ke jaringan internet, video yang telah diunduh itu bisa dinikmati. Video Youtube offline juga bisa diposisikan sebagai video yang dapat ditonton berulang-ulang atau bisa ditonton nanti. Misalkan saja Anda menjumpai video menarik namun mendadak sibuk bisa mengunduhnya dulu dan ditonton pada saat luang [Baca: Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan].

Waspada Kuota

Patut diketahui jika video Youtube yang akan di-offline-kan juga memiliki kapasitas data atau sama dengan “bobot” video yang dinikmati saaj streaming. Di opsi yang ada di setting ada dua pilihan kapasitas atau kualitas video yakni normal (360p) dan HD (720p). Kualitas normal cukup “enteng” jika dibanding HD bila menilik “bobot” datanya. Sehingga Anda wajib waspada memilih kualitas. Jangan sampai kuota data habis karena keseringan menonton video offline di Youtube.

Tipsnya, pilih saja default untuk kualitas normal atau 360p. Opsi ini bisa ditemukan di setting aplikasi Youtube di Android. Dengan memilih default normal, maka video Youtube yang akan di-offline-kan bakal otomatis berkualtas 360p. Anda tidak perlu memilih kualitas lain sebut saja HD 720p [Baca: Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Youtube di ASUS Zenfone 6].

Cara nonton video Youtube offline di ASUS Zenfone:
  1. Buka aplikasi Youtube Android dan pilih video yang akan di-offline-kan.
  2. Di laman video akan diputar, tap tanda panah ke bawah yang letaknya di sebelah kanan ikon jempol.
  3. Kemudian akan muncul opsi kualitas video dan jika Anda telah memilih default normal maka bakal berkualitas 360p.
  4. Video Youtube sedang di-offline-kan dan Anda tinggal menunggu.
  5. Muncul di status bar proses unduhan dan bisa dilihat di opsi menu “Offline Video” di sebelah kiri layar (sapu jari ke kanan).
Cara menyaksikan video offline di Youtube:
  1. Buka aplikasi Youtube Android kemudian sapu jemari ke kanan hingga muncul menu lanjutan lalu pilih “Offline.”
  2. Nantinya akan muncul daftar video yang telah di-offline-kan. Tap salah satu video untuk dimainkan.
  3. Video yang telah di-offline-kan akan tersemat ikon tanda centang yang terletak di bawah video atau di samping kanan tanda jempol. Video ini bisa disaksikan ketika ASUS Zenfone 6 tidak terhubung dengan internet atau dalam modus “pesawat’ (flight mode).
Cara Nonton Video Youtube Offline Tanpa Koneksi Internet di Zenfone 6
Ketika offline, video Youtube tersimpan bisa tetap dinikmati.

Yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan tips ini:
  • Tidak semua video di Youtube mendukung offline playback.
  • Jika video tidak mendukung itu maka video tidak bisa di-offline-kan.
  • Jika ASUS Zenfone 6 ditambahkan SD Card, ada baiknya memilih lokasi penyimpanan ke SD Card. Anda bisa menjumpai opsinya di setting Youtube.
  • Waspada dengan paket data sebab video offline memiliki kapasitas data besar. Imbasnya, data yang mengalir tidak sedikit.
  • Video offline Youtube disimpan di perangkat. Dengan demikian makin banyak video Youtube yang di-offline-kan maka makin tersita pula memori ponsel, entah itu di internal atau eksternal (SD Card).
  • Jadi, bijaklah dalam men-offline-kan video. Jangan semua video Youtube yang ingin ditonton di-offline-kan semua. Tanpa sadar, memori ASUS Zenfone 6 telah penuh.
Demikian tips hari ini untuk cara menonton video Youtube offline atau tanpa koneksi internet di ASUS Zenfone 6. Cukup mudah dan tidak ribet bukan? Selamat mencoba [Baca: 10 Icon Pack Gratis untuk ASUS Launcher di Zenfone 6].