Alasan Lucu Akik Baturaja Jadi Kado Konferensi Asia-Afrika

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada akhirnya memastikan type batu akik yang bakal diberikan pada 109 tamu Konferensi Asia-Afrika ke-60 di Bandung. Dia pilih batu akik type Baturaja berwarna biru supaya sesuai sama warna khas kesebelasan Persib Bandung.

“Yang buatnya orang Bandung asli, warnanya warna Persib, ” tuturnya waktu didapati di Paris Van Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Jumat, 20 Maret 2015. Dia menjelaskan bakal berikan sepasang batu akik type Baturaja untuk tiap-tiap kepala negara. Sepasang batu akik itu, tutur Ridwan, untuk kepala negara serta pasangannya.

Sesaat ini, Emil--sapaan akrab Ridwan--baru terima batunya saja. Adapun design ikat batu akik itu dibuatnya sendiri. Ikat itu bakal di beri tema tumpukan sisi tiga di sekitarnya. Di ke-2 segi ikat itu bakal dibubuhi kata “Asia” serta “Afrika”. Bukan sekedar itu, dia juga membubuhkan tulisan “Bandung 2015” dibagian bawah ikat.

Cendera mata itu bakal dimasukkan ke kopor kecil sebesar kotak kosmetik yang di buat di Bandung. Terkecuali berikan cincin batu akik, Emil bakal memasukkan batik khas Bandung, wadah buku, serta surat Wali Kota Bandung.

Peringatan KAA ke-60 bakal diadakan sepanjang dua minggu di Bandung. Adapun beberapa kepala negara di Asia serta Afrika cuma diundang sepanjang dua hari saja. Hari pertama, beberapa kepala negara bakal menyelenggarakan diskusi di Jakarta berbarengan Presiden Joko Widodo. Setelah itu, pada hari puncaknya, 24 April 2015, acara itu bakal di gelar di Bandung.