Batu Akik Bukanlah Investasi yang Tepat!

Batu akik atau agate akhir-akhir ini sangatlah disukai di Indonesia. Harga nya juga melambung tinggi. Bahkan juga terdapat banyak orang yang menganggapnya juga sebagai investasi.

Tetapi sebagian orang memperkirakan bahwa trend batu akik bakal bernasib sama dengan trend bunga anthurium serta adenium, meredup seiring berjalannya waktu.

Apa pasal batu akik bukanlah termasuk juga investasi? Saksikan jawabannya dibawah :

Nilai Batu Akik Subyektif

Tiap-tiap lokasi Indonesia mempunyai batu akik yang beragam cantiknya, tetapi harga jualnya berbeda. Mungkin saja motif unggulan satu daerah bernilai mahal di daerah itu, namun di daerah lain harga nya jadi rendah lantaran di daerah itu sedikit orang yang tertarik dengan batu itu.

Nilai batu akik masih tetap berdasar pada penilaian serta ketertarikan orang-orang di daerah spesifik hingga harga nya tak stabil. Jadi bila anda ingin berinvestasi, janganlah terjerat dengan spekulasi semata.

Ketahui juga beberapa hal yang dapat jadikan patokan agar barang itu bisa digolongkan juga sebagai investasi. Nah, apa sajakah persyaratan investasi? Yang paling utama yaitu likuiditas barang itu jika diuangkan. Likuiditas komoditi investasi mesti berbentuk universal, dapat diuangkan dimana juga bukan sekedar di Indonesia. Sudahkah batu akik memiliki nilai universal itu?

Yakinkan Nilai Seninya

Tetapi bila anda memanglah mau sekali melakukan bisnis batu akik — terlebih mengingat harga jualnya th. ini tinggi, jadi pastikan batu akik yang memiliki nilai seni tinggi. Makin tinggi serta unik nilai seni dari batu akik itu, jadi makin tinggi juga harga jualnya.

Janganlah Lupa Mengukur Taraf Keras Batu

Batu bacan yang saat ini jadi primadona batu akik memiliki taraf keras pada 3-7 Mohs. Jadi yakinkan ke pakar batu berapakah taraf keras batu pujaan anda. Makin tinggi nilai taraf kerasnya, jadi makin bagus.

Bertanyalah Pada Ahlinya

Waktu pilih batu akik mana yang mau anda beli, sebaiknya anda mengajak orang yang pakar tentang batu-batu cincin itu. Jangan sempat tertipu!

Sudah mengetahui kan argumen batu akik tidaklah investasi yang pas bila anda inginkan banyak keuntungan. Pastikan product investasi yang memiliki acuan harga di semua dunia, misalnya emas ataupun perak. Telah siapkah anda untuk berinvestasi?