Di Ogan Komering Ulu, Batu Akik Jenis Spritus Bisa Banyak Ditemukan

Batu akik type biru langit atau yang lebih di kenal dengan nama spritus, banyak diketemukan di lokasi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Orang-orang yang memerlukan batu type itu bisa dengan gampang mendapatkannya dari pedagang akik yang buka lapak di Baturaja, Ibu Kota Kabupaten OKU.

“Sejumlah pedagang spesial sediakan bermacam batu cincin termasuk juga batu akik type spritus banyak diketemukan di lokasi Baturaja ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), ” kata Kepala Dinas Pertambangan serta Daya OKU, M Nasir di Baturaja, sebagian waktu lalu.

“Namun sekian, tak benar batu akik type spritus hanya ada di OKU saja, namun di daerah lain juga ada, ” kata Nasir tanpa ada mengatakan nama daerah lain yang disebut.

Nasir menyampaikan, sampai sekarang ini, pihaknya belum tahu berapakah jumlah pedagang, juga penambang batu akik. Dianya juga menyebutkan, belum di ketahui juga sebaran tempat beberapa pedagang serta penambang batu akik itu.

“Yang terang batu akik berkwalitas banyak diketemukan di Lengkiti. Masalah berapakah jumlah penambang spesial type batu itu, saya tidak paham, ” tuturnya.

Menurutnya, batu type spritus asal Baturaja masuk kelompok kalsedon. Diakuinya, pihaknya sempat juga berdiskusi masalah batu spritus itu. Dari hasil diskusi, di ketahui bahwa nyatanya batu spritus tidak cuma diketemukan di OKU, tetapi juga ditempat lain.

“Jadi kami juga mencari rekomendasi serta nyatanya ditempat lain juga ada batu akik type spritus, ” terang Nasir.

Oleh karenanya, kata dia, Kabupaten OKU belum dapat diklasifikasikan juga sebagai daerah yang bagus untuk jadikan pusat tambang bebatuan, lantaran termasuk juga dalam kelompok daerah patahan aktif.

“Jadi klasifikasi batu kita berjenis napal. Hanya ada tiga type tambang batu disini yaitu tambang beku, metamorfosis serta sedimen, ” katanya.

Satu tahun lebih terakhir, pamor batu akik alami lonjakan. Di beragam penjuru nusantara, akik mendadak jadi kesukaan semua susunan orang-orang. Lapak-lapak penjual batu akik juga menjamur di banyak tempat. Nilai batu warna-warni berkilauan itu juga meroket tajam.