Puluhan batu akik Tojo Unauna kantongi sertifikat

Beberapa puluh type batu akik di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah bakal disertifikasi oleh Gem-Afia Grup, suatu perusahaan di bagian Geologi, eksplorasi, pertambangan serta batu permata di Bandung.

 " Lima type batu telah terbit sertifikatnya, 23 type lagi sesaat dalam sistem sertifikasi, " kata penggagas Ampana Art Festival 2015 Syamsurijal Labatjo di Palu, Rabu.

Ampana Art Festival 2015 gagasannya bakal dipusatkan di Ampana, ibu kota Kabupaten Tojo Unauna pada 7-11 April 2015. Festival itu bakal menghadirkan program spesial berbentuk pameran batu akik.

Bekas Ketua DPRD Tojo Unauna itu menyampaikan daerahnya mempunyai kekayaan batu permata yang mempunyai kwalitas baik dengan taraf kekerasan mineral rata-rata 6, 5 mohs.

 " Itu telah lewat uji laboratorium hingga memperoleh sertifikat, " tuturnya.

Dari lima sertifikat yang telah diterbitkan Gem-Afia Grup salah satunya Gabbro Variety 6. 5 Mohs dengan berat type 3, 04 mohs, Alami Green Opal 6. 5 mohs dengan berat 2. 04, Alami White Opal 6. 5 Mohs, Brown Marble 3 Mohs serta Diorite Variety 6. 5 mohs.

Type batu yang telah di proses jadi permata itu belum beredar luas.

 " Batu type ini terhampar dari Kecamatan Tojo hingga di Uwekuli, " tuturnya. Type batu itu diketemukan di sungai serta di gunung.

Dia menyampaikan type batu permata itu bakal di luncurkan di arena Ampana Art Festival yang disaksikan petinggi pemerintah daerah propinsi serta kabupaten setempat.

 " Kami telah sediakan batu permata untuk disematkan di jari pak Gubernur serta bupati, " tuturnya.

Dia menyampaikan kelebihan batu itu mempunyai unsur besi hingga bila disentuh dengan magnet batu itu bakal berikan reaksi.

Syamsurijal menyampaikan bila semua batu dari Tojo Unauna yang diuji di laboratorium telah mengantongi sertifikat, ia berbarengan pemerintah bakal jadikan kekayaan batu di daerah itu jadi sumber ekonomi baru untuk orang-orang setempat.