Transaksi Aman Batu Mulia di Dunia Maya

Tidak dimungkiri, sekarang ini penjualan batu mulia terutama akik sudah jadi transaksi jual-beli yang sangatlah fenomenal di lingkungan orang-orang. Bahkan juga, fenomena ini saat ini mulai merambah ke dunia maya serta digital, lewat lapak-lapak dengan cara on-line.
Satu diantaranya, bukalapak. com yang menangkap fenomena batu akik ini dengan cara serius. Bahkan juga, untuk mempermudah transaksi dengan cara on-line, market place ini sediakan kelompok spesial batu mulia.
“Transaksinya saat ini bertumbuh 2 x lipat tiap-tiap bln. dengan nilai transaksi meraih beberapa ratus juta rupiah /hari, ” tutur Achmad Zaky, Founder sekalian CEO Bukalapak. com, di Jakarta, Minggu (8/3/2015). ‎
Walau sekian, Zaky terus terasa bertanggungjawab bakal keamanan transaksionline batu akik ini. Alumni ITB ini menyampaikan, terdapat banyak hal yang perlu di perhatikan baik oleh pelapak (seller) ataupun konsumen (buyer) saat lakukan transaksi on-line.
“Bukalapak cuma sediakan tempat untuk bertransaksi. Nah, supaya transaksinya berjalan nyaman serta lancar, baik pelapak ataupun konsumen mesti keduanya sama memberi info yang jujur, cermat serta terus waspada dan mengerti sistem transaksi dengan cara on-line, ” katanya.
Saat sebelum kirim pada konsumen, baiknya pelapak mempunyai dokumentasi batu mulia yang di jualnya (photo maupun video). Hal semacam ini bermanfaat saat pelapak terima retur barang. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak oknum konsumen yang berusaha mengambil keuntungan sepihak dari mekanisme retur barang. “Yang kerap berlangsung mereka menukar barang yang diantar pelapak dengan yang telah dipunyai konsumen, atau sekedar hanya coba barang punya pelapak, ” katanya.
Sedang untuk beberapa konsumen, Zaky memberi anjuran supaya mencermati dengan cermat gambar batu akik/mulia itu dan keadaan serta nama batu itu. Sistem ini utama mengingat penampilan monitor serta monitor bakal tidak sama tergantung pada jenis kamera atau monitor yang dipakai.

Yang juga butuh di perhatikan yaitu dimensi dari batu itu, yaitu Panjang x Lebar x Tinggi dalam ukuran milimeter serta estimasi crat (1 Crat = 0, 2 gr) dan searching di Google untuk lihat barang sejenis juga sebagai pembanding (warna, serat).
Nama sebutan batu atau gemstone berlaku umum di Indonesia sesuai sama perjanjian pedagang, bedakan dengan nama Geologi mineral itu. Contoh untuk mineral Corundum, bila kebiruan bakal jadi Sapphir. Bila merah bakal jadi Ruby.
Saat sebelum mengambil keputusan untuk beli, yakinkan bahwa batu itu tak ada cacat paud (retak didalam bodi batu), permukaan batu rata, sampai batu tembus saat disinari sinar. “Mekanismenya dapat lewat bertanya jawab dengan cara detail dengan pelapaknya, ” katanya.
Yang tidak kalah utama berkenaan perjanjian pada konsumen serta pelapak. Umpamanya, sesudah konsumen terima barang, nyatanya batu yang di terima tidak cocok info yang didapatkan pelapak, jadi pelapak harus bersedia untuk menyanggupi keinginan retur barang yang diserahkan konsumen. Konsumen juga harus memberi info terang tentang retur barang seperti ketentuan yang berlaku.