Cara Mengunci Android dengan Menyapu Layar Homescreen

ngawicybers.blogspot.com – Cara mengunci layar Android dengan menyapu layar adalah satu alternatif untuk cara lockscreen Android tanpa menekan tombol power. Cara ini sangat dianjurkan bagi mereka pengguna yang tombol power-nya telah rusak.

Rusak dalam artian bisa karena macet, “tenggelam,” tidak tampak, tergencet, dan lain sebagainya. Rusaknya tombol power bisa dikarenakan banyak hal. Salah satunya karena sering diponcat-pencet. Ya, tombol power Android adalah salah satu tombol yang memiliki risiko kerusakan paling cepat.

Cara Lockscreen Android dengan Menyapu Layar Homescreen
Cara mengunci Android dengan menyapu layar homescreen.

Cara lockscreen Android dengan menyapu layar memanfaatkan fungsi swipe up Google Now yang dilakukan dengan menahan tombol home kemudian disapu ke atas. Bagi pengguna yang menginstal Google Now pastinya kerap menjumpai fitur ini.

Sederhananya, kita memanfaatkan fungsi itu untuk mengunci layar Android. Cukup dengan melakukan perintah Google Now dengan menekan dan menahan tombol home lalu tarik ke atasmaka layar akan terkunci.

Dalam melakukan tips ini kita memanfaatkan satu aplikasi yang bernama Screen Off and Lock. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.
  1. Download dan instal aplikasi Screen Off and Lock (unduh di sini).
  2. Jangan buka dahulu setelah selesai diinstal.
  3. Ke layar homescreen lalu tekan dan tahan tombol home dan tarik atau sapu ke atas seperti kamu mau akses Google Now.
  4. Nantinya akan muncul peringatan untuk perintah eksekusi yang mana kamu pilih Screen Off and Lock dengan tap Always.
  5. Nah kemudian akan muncul peringatan untuk mengaktifkan Device Administrator.
  6. Aktifkan saja dan abaikan peringatan yang muncul.
  7. Kembali ke layar homescreen dan sapu jari ke atas dari tombol home. Selamat, kini kamu bisa lockscreen Android dengan swipe jari ke atas.
Sedikit tambahan, Screen Off and Lock di menu pengaturan (Configuration) memiliki segudang opsi yang bisa dipilih. Salah satunya animasi, yang mana kamu bisa memilih animasi tatkala layar terkunci. Kami sarankan memilih Old TV Style karena keren banget!

Demikian informasi cara mengunci layar Android dengan menyapu layar yang memanfaatkan fungsi Google Now. Semoga bisa membantu kamu yang kebetulan membutuhkan solusi terkait karena tombol power Android rusak.