Inilah Penyebab Harga Batu Bacan Kalahkan Emas

Harga batu Bacan asal Kabupaten Halmahera, Maluku Utara semakin melangit. Bahkan juga, saat ini harga batu berwarna hijau itu melampaui harga emas.

Agar bisa mempunyai satu buah batu Bacan dengan kwalitas umum dengan ukuran tidak kian lebih tiga sentimeter, saat ini orang-orang sekurang-kurangnya mesti mempunyai duit kian lebih Rp 1 juta.

Tetapi, bila mau memperoleh Batu Bacan kwalitas super dengan ukuran semakin besar, sekurang-kurangnya mesti mempunyai duit minimum Rp500 juta.

Harga sebesar itu pasti sudah menyaingi harga emas. Walau sebenarnya, Batu Bacan cuma diperjualbelikan di pedagang batu emperan.

Lantas, mengapa harga Batu Bacan sangatlah mahal?

Menurut Yakub, seseorang pengrajin Bacan asal Ternate, harga batu Bacan jadi sangatlah mahal lantaran batu itu mempunyai kekhasan sendiri.

Batu Bacan diakui juga sebagai batu yang hidup lantaran bisa merubah dianya dengan cara perlahan-lahan. " Bila digunakan, warna Bacan dapat beralih jadi lebih indah, warna hijau bakal lebih menyala, " tutur Yakub, Kamis 26 Maret 2015.

Diluar itu, tingkat kejernihan batu itu dapat juga beralih bila kerap dipoles serta dipanaskan.

 " Bila kita gunakan, Bacan bakal makin bening serta jernih, lantaran Bacan memperoleh suhu panas dari badan kita, " kata Yakub.

Yakub menjelaskan, dulu, batu Bacan cuma suatu batu umum serta tak mempunyai nilai apa pun. Pedagang di Kot Ternate sering membagi-bagikan batu itu dengan cara gratis pada orang-orang.

Tetapi saat ini, batu Bacan bagikan seseorang putri cantik yang disanjung serta dipuja sampai harga nya juga selangit.