WOW,HARGA BATU AKIK BACAN SEMAKIN MELAMBUNG

Batu bacan makin populer lantaran disukai oleh orang-orang hingga bikin harga nya sekarang ini mulai melambung tinggi. Bahkan juga telah susah untuk didapat dengan cara gratis ataupun dengan harga yang murah.

Bila dahulu batu bacan kurang dilirik, sekarang ini batu yang datang dari kecamatan Kasiruta Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, propinsi Maluku Utara harga nya melalui emas di market.

Di Kota Ternate propinsi Maluku Utara, batu bacan bisa di jumpai di sebagian tempat. Dari mulai pedagang kaki lima sampai ke toko perhiasan dengan harga beberapa ratus ribu sampai beberapa puluh juta rupiah.

 " Sekarang ini, harga batu bacan mulai naik. Bahkan juga tidak cuma diluar dari propinsi Maluku Utara, di Maluku Utara sendiri juga harga batu bacan makin tinggi, " tutur Yakub salah satu pengrajin Batu bacan.

Menurut dia, batu bacan di Kota Ternate ataupun di kabupoaten/kota yang lain di Maluku Utara, harga nya paling murah meraih Rp3 juta/buah. Itu juga sesuai sama kwalitas batu, serta paling mahal meraih beberapa ratus juta.

 " Harga nya memanglah beragam, lantaran sesuai sama kwalitas batu dan warnanya. Untuk batu bacan harga yang paling mahal yaitu warna hijau. Bila dahulu kita dapat peroleh batu bacan dengan cara gratis serta harga nya cuma beberapa ratus ribu, namun saat ini telah susah, " tutur dia.

Diakuinya, batu bacan memanglah tidak sama dengan batu akik yang lain, lantaran batu mulia berwarna hijau ini dengan karakteristik unik yaitu dapat beralih (berproses) warna serta kejernihannya.