Di Kota Parepare, Batu Akik Jenis Sisik Naga Dijadikan Patung

Beberapa pencinta batu akik, intinya type sisik naga (Septarian noudles), di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, lakukan inovasi. Bukan sekedar bikin batu akik untuk cincin serta liontin (kalung), beberapa stoner di kota yang bertopik " Bandar Madani " ini bikin patung hewan dari bongkahan batu sisik naga.

Patung dari batu akik sisik naga ini cuma dapat didapati di deretan pusat batu akik di Jalan Veteran, Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tepatnya di emperan punya Haji Faizal. Bermacam batu akik sisik naga berupa patung hewan, serupa ular piton, sanca, kura-kura, anjing, serta hewan yang lain.

“Corak khas batu akik sisik naga sangatlah pas jadikan miniatur binatang. Sangatlah pas untuk hiasan di ruangan tamu, " kata Haji Faizal, Sabtu (14/3/2015).

Haji Faizal menyampaikan, inspirasi ini awalannya muncul dari seseorang wartawan di kota ini yang memberi inspirasi.

 " Inspirasi memproses batu akik jadi hiasan seperti bentuk hewan serta perlengkapan rumah seperi piring serta gelas dari seseorang jurnalis di Kota Parepare yang berikan inspirasi awal, " saya Faizal.

Haji Faizal mematok batu akik yang di desain serupa hewan ini dengan harga terjangkau. Umpamanya saja, batu akik serupa ular piton dengan ukuran besar, seputar 50 sentimeter dengan berat 3 kg, di bandrol dengan harga Rp 15 juta, sesaat yang ukuran tengah Rp 4 juta serta tiruan hewan ukuran kecil di bandrol cuma dengan harga Rp 1 juta.

 " Di banding beli batu akik sisik naga untuk cincin atau kalung, seharga Rp 1 juta, batu akik jenis hewan ini besarnya 30 kali lipat di banding untuk cincin, murahkan, " kata Haji Faizal.

Disamping itu, Andri, pencinta batu akik Kota Parepare, mengakui mengagumi akan lihat kreatifitas beberapa perajin batu akik di Jalan Veteran ini.

 " Wah, mereka kreatif. Jenis seperti ini juga bakal laku. Saya bakal beli bentuk ular untuk hiasan di meja kerja saya, " kata Andri.

Nah, bila Anda ke Kota Parepare, tak ada kelirunya menyempatkan diri ke pusat penjualan batu akik di Jalan Veteran, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung.