Ini Dia Kesalahan Muslimah Ketika Berhijab

Ini Dia Kesalahan Muslimah Ketika Berhijab | Blog Kang Hamzah - Salah satu kewajiban seorang muslim perempuan (baca:Muslimah) adalah menutupi sebagian tubuh tertentu yang tidak boleh terlihat oleh siapapun atau wajib menutup aurat. Seperti yang pernah dijelaskan dalam kitab Fiqih, bahwa batas aurat seorang perempuan yaitu menutup seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajahnya.

Nah, salah satu media untuk membantu para perempuan menutup aurat adalah dengan berhijab. Pemakaian hijab di jaman sekarang sudah banyak yang bagus dan cantik bagi perempuan yang memakainya, karena hijab sekarang sudah begitu fashionable. Baik yang baru belajar memakai hijab maupun yang sudah lama semuanya sama.

Ini Dia Kesalahan Muslimah Ketika Berhijab, hijab wanita, hijab terbaru
Contoh Hijabers


Namun, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh seorang muslimah saat memakai hijab atau kerudung. Diantaranya yaitu :

1.  Tidak Merawat Kesehatan Rambut
Walaupun rambut hijaber tertutup oleh hijab, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Ganti ciput hijaber setiap hari dan keramas minimal dua hari sekali atau sesuai aktivitas, sehingga akan membuat rambut hijaber bersih dan wangi tentunya. Atau bisa melakukan creambat secara rutin agar keindahan dan kesehatan rambut tetap terjaga dan baik.

2.  Memakai Ciput Yang Terlalu Ketat
Saat hijabers akan membeli ciput atau daleman kerudung pastikan ukuran ciput pas di kepala dan tidak terlalu longgar. Karena ciput yang longgar akan membuat rambut hijabers keluar, sedangkan jika ciput terlalu ketat lama-kelamaan akan membuat kepala hijabers pusing. Selain itu, ciput yang ketat akan menimbulkan bekas merah pada kulit.

3.  Bahan Ciput Yang Tidak Menyerap Keringat
Selain memilih ciput yang pas, hijabers juga harus memilih bahan ciput yang bisa menyerap keringat. Karena saat kepala hijabers memakai hijab, kulit kepala menjadi lebih sulit untuk mendapatkan udara, oleh karenanya kulit kepala akan mudah berkeringat. Pilih bahan ciput atau dalaman hijab yang bisa menyerap keringat. Selain nyaman di pakai, hijab dan rambut tidak mudah lepek dan bau karena terserap oleh bahan ciput.

4.  Rambut Dibiarkan Terurai Atau Tidak Digulung
Ini biasanya terjadi kepada hijabers yang rambutnya panjang dan enggan untuk menggulung rambutnya saat memakai hijab. Padahal kalau mereka mau menggulungnya, ini akan membuat penampilan hijabers lebih rapi. Jika rambut hanya di ikat ekor kuda atau dibiarkan terurai, ini seringkali ujung rambut mencuat atau menembus keluar kain hijab. Tentu ini menjadi pemandangan yang tidak nyaman untuk di lihat. Jadi sebisa mungkin untuk menggulung rambut dengan karet yang tidak terlalu ketat.

Untuk para hijabers semoga terus istiqomah untuk menutup aurat dengan baik dan benar sesuai syariat Islam. Semoga dengan artikel beberapa kesalahan muslimah saat memakai hijab yang singkat ini bisa memberikan sedikit pelajaran bagi para hijabers, baik yang baru belajar maupun yang sudah lama. Jangan lupa bagiak ke hijaber-hijaber lainnya ya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.