JARONGAN ATAU PECUT KUDA AMPUH UNTUK OBAT RADANG TENGGOROKAN DAN PENYAKIT LAIN SECARA CEPAT DAN MANJUR


Jarongan (Stachytarpheta indica) dengan persamaan kata Stachytarpheta jamaicensis L. Vahl, tumbuh liar di pinggir jalan, tanah lega serta tempat terlantar yang lain. Tanaman yang datang dari Amerika tropis ini bisa diketemukan di daerah cerah, tengah, terlindung dari cahaya matahari serta pada ketinggian 1-1500 m diatas permukaan laut.

 Beragam sebutan Jarongan dinamakan bermacam sesuai sama daerah tumbuhnya. Di Sumatera di kenal juga sebagai pecut kuda. Di Jawa dimaksud jarong lalaki, ngadi rengga, serta rumjarum. Sosok tumbuhan Terna tahunan, tegak, tinggi 20-90 cm. Daun tunggal, bertangkai, letak bertemu. Helaian daun berbantuk bulat telur, pangkal menyempit, ujung runcing, pinggir bergerigi, permukaan terang berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lbar 3-6 cm, berwarna hijau tua. Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang memanjang, seperti pecut, panjangnya 1-20 cm.

Bunga mekar dalam waktu yang tidak sama, ukuran kecil, berwarna ungu, tidak sering berwarna putih. Buah berupa garis, berbiji dua. Biji berupa jarum, berwarna hitam. Untuk type Stachytarpheta jamaicensis indica Vahl, tingginya meraih 2 mtr., dipelihara juga sebagai tanaman pagar serta memiliki manfaat obat yang sama juga dengan type Stachytarpheta jamaicensis L Vahl. Jarongan bisa diperbanyak dengan biji. Karakter, Manfaat serta Kandungan Kimia  Rasa pahit serta sifatnya dingin. Bermanfaat juga sebagai pembersih darah, anti radang serta peluruh kencing (diuretik).

Jarongan memiliki kandungan zat kimia bermanfaat diantaranya glikosa flavonoid serta alkaloid. Sisi yang dipakai Sisi yang dipakai yaitu herba, bunga serta akar. Untuk penyimpanan, sesudah dicuci serta dipotong-potong jemur hingga kering. Manfaat Herba jarongan dipakai untuk penyembuhan : 1) Infeksi serta batu saluran kencing 2) Sakit tenggorokan lantaran radang (faringitis), 3) batuk 4) Rematik 5) haid tak teratur. Bunga serta tangkai pecut kuda digunakan untuk penyembuhan Radang hati (hepatitis A). Akarnya dipakai untuk penyembuhan Keputihan (leukore). Daunnya untuk Pembersih darah. Pada saat hamil janganlah memakai daun jarongan ini. Cara penggunaan Untuk obat yang diminum, rebus 15-30g herba kering atau 30-60g herba segar lantas minum air rebusannya. Jarongan tumbuh liar di pinggir jalan, tanah lega serta tempat terlantar yang lain.

 tanaman yang datang dari Amerika tropis ini bisa diketemukan di daerah cerah, tengah, terlindung dari cahaya matahari serta pada ketinggian 1-1500 m diatas permukaan laut. Terna tahunan, tegak, tinggi 20-90 cm. Daun tunggal, bertangkai, letak bertemu. Helaian daun berbantuk bulat telur, pangkal menyempit, ujung runcing, pinggir bergerigi, permukaan terang berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lbar 3-6 cm, berwarna hijau tua. Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang memanjang, seperti pecut, panjangnya 1-20 cm. Bunga mekar dalam waktu yang tidak sama, ukuran kecil, berwarna ungu, tidak sering berwarna putih. Buah berupa garis, berbiji dua. Biji berupa jarum, berwarna hitam. Untuk type Stachytarpheta jamaicensis indica Vahl, tingginya meraih 2 mtr., dipelihara juga sebagai tanaman pagar serta memiliki manfaat obat yang sama juga dengan type Stachytarpheta jamaicensis L Vahl.

Jarongan bisa diperbanyak dengan biji. Karakter serta Manfaat Rasa pahit serta sifatnya dingin. Bermanfaat juga sebagai pembersih darah, anti radang serta peluruh kencing (diuretik). Kandungan Kimia Jarongan memiliki kandungan glikosa flavonoid serta alkaloid. Sisi yang dipakai Sisi yang dipakai yaitu herba, bunga serta akar. Untuk penyimpanan, sesudah dicuci serta dipotong-potong jemur hingga kering. Manfaat Herba pecut kuda dipakai untuk penyembuhan :

 1) Infeksi serta batu saluran kencing.

 2) Sakit tenggorokan lantaran radang (faringitis).

3) batuk.

 4) Rematik

5) haid tak teratur.

Bunga serta tangkai jarongan dipakai untuk penyembuhan Radang hati (hepatitis A). Akarnya dipakai untuk penyembuhan Keputihan (leukore) Cara penggunaan Untuk obat yang diminum, rebus 15-30g herba kering atau 30-60g herba fresh lantas minum air rebusannya. Untuk penggunaan luar, giling herba fresh hingga halus lantas tempelkan kebagian badan yang sakit, seperti bisul, radang kulit bernanah serta luka. Radang tenggorokan, batuk Siapkan 50g herba jarongan fresh, 2 buah kencur ukuran tengah, 2 siung bwang putih.

 Bersihkan beberapa bahan itu, lantas tumbuk hingga halus. Imbuhkan 1/2 cangkir air gula sembari diaduk rata, lantas peras serta saring. Setelah itu minum air yang terkumpul, kerjakann 3 kali satu hari sepanjang 3-5 hari. Keputihan Bersihkan 50g akar jarongan fresh lantas iris-iris sekedarnya. Imbuhkan 3 gelas air bersih, lantas rebusa hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin saring serta air saringannya dibagi untuk 2 x minum, pagi serta sore hari semasing 1/2 gelas. Hepatitis A Bersihkan 5-10 tangkai bunga jarongan hingga bersih, lantas potong-potong sekedarnya.

 Imbuhkan gula batu seperlunya, lantas rebus dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas. Sesudah dingin sraing serta air saringannya diminum. Kerjakan sehari-hari hingga sembuh. Rematik Bersihkan 10-60g herba jarongan segar, lantas potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring serta iar saringannya diminum satu hari 2 kali, semasing 1/2 gelas. Catatan Ibu hamil dilarang minum air rebusan ramuan obat ini lantaran dapat mengakibatkan keguguran