TIPS AMPUH MENYEMBUHKAN PENYAKIT KULIT,SARIAWAN DAN PENYAKIT LAIN DENGAN GELINGGANG GAJAH


Ketepeng cina (Cassia alata) sekalipun bukanlah kerabat ketaping atau ketapang, namun suku Caesalpiniaceae, asal Amerika Selatan. Di Sumatera di kenal juga sebagai daun kupang, daun kurap (lantaran manjur untuk obat kurap), ketepeng, kupang-kupang, galinggang gajah, urakap. Di Jawa terkecuali dimaksud ketepeng cina juga dijuluki ketepeng badak, ketepeng kebo, kimanila, ocon-aconan.

 Di Maluku serta sekitarnya dimaksud sayo mora, tabankum, haya mara, kupang-kupang. Daun serta sosoknya semakin besar dari ketepeng kecil (Cassia tora), yang berbentuk terna serendah 50 cm serta dimaksud juga galinggang (dalam bahasa Minangkabau). Ketepeng kecil dengan kata lain galinggang semakin banyak juga sebagai tanah kosong, dari pada tanaman hias. Galinggang umum disayur serta berasa agak manis. Ketepeng cina berbentuk perdu tegak, setinggi 3 mtr.. batangnya cuma sebesar lengan, serta ia banyak ditanamn juga sebagai penghias taman. Bunganya yang menggerombol dalam tandan bewarna kuning emas, indah nian.
 Sedang daunnya yang bersirip genap hijau lonjong, memiliki sumbu tangkai yang merah jingga. Kandung serta khasiatnya Daun ketepeng cina mempunyai nama simplisia Cassia Folium, memiliki kandungan zat bermanfaat diantaranya rein serta aloe-emodin. Khasiatnya menurut Depkes RI (1985), diantaranya untuk obat sakit kulit serta pencahar.

 Sedang kulit pohonnya untuk pengelat (astringen). Sakit kulit yang ditujukan disini lebih di kenal juga sebagai kurap yang dikarenakan oleh cendawan Trichophyton. Kulit yang diserang (umumnya kepala serta sela jari), tunjukkan bercak bulat belang, yang tidak sama warnanya dari kulit sekitarnya, hingga dimaksud 'ringworm' oleh beberapa orang Inggeris. Cuma ringnya yang terlihat, sedang warmnya tak ada.

 Daun kupang ini demikian mangkus melawan kurap, sehinggo ia juga dijuluki daun kurap. Menurut beberapa ahli obat tradisional, ketepeng badak ini dapat memiliki kandungan asam krisofanat (dihidroksimetil-antrokinon) yang berbentuk menumpas jamur, krisorobin (hasil reduksi krisofonat), Yang juga antijamur, serta tanin yang berbentuk pengerut, penghalus kulit. Krisarobin itu bila pekat dapat mengakibatkan kerusakan kulit, namun bila encer tak demikian runyam, untung ada tanin, Yang dapat tutup serta menghaluskan lecet-lecet kulit. Jadi saat salap dari daun ketepeng itu dioleskon pada kulit yang berkurap, ia sekalipun tak melepuhkan kulit. Antikurap Salap ketepeng cina di buat seperti berikut. Sebagian helai daunnya digiling diatas batu giling, sembari diperciki air seperlunya, hingga lumat beralih jadi seperti bubur. bisa juga menggunakan lumpang tersebut penumbuknya, untuk melumatkan daun itu. Bubur daun lalu ditetesi sari jeruk nipis serta diaduk-aduk sekali lagi agar rata, hingga halus seperti salap. Inilah yang dioles-oleskan pada kulit yang diserang kurap.

 Di Kalimantan, salap ini digunakan untuk membasmi lusung, sejenis kudis Yang dikarenakan oleh jamur juga. Lain lagi di Madura, salap seperti ini ditambah lagi sari kunyit serta digunakan penumpas kudis (skabies), yang dikarenakan oleh tungau parasit kulit, Sarcoptes scabiei. Pencahar Lantaran daun ketepeng juga memiliki kandungan tanin, jadi ia juga digunakan juga sebagai obat urus-urus dengan kata lain pencahar. Namun lantaran didalam daun ini terdapat juga antrakinon (dalam krisofanat) yang anti cacing kremi. Jadi khasiatnya juga sebagai pencahar itu, juga sekalian dapat digunakan untuk mengusir cacing kremi. Bila cuma untuk pencahar saja, 7 helai daun ketepeng cina segar cukup di rebus berbarengan 2 gelas air, biarlah selalu mendidih sampai airnya tinggal 1 gelas. Air rebusan ini lalu di habiskan satu kali minum. Pengusir cacing kremi Bila maunya mengusir cacing kremi juga, terlebih pada anak anak, jadi daun ketepeng cina itu 7 helai harus di rebus berbarengan daging buah asam jawa 1 buku jempol serta serbuk akar kelembak (Rheum officinalle) 2 sendok teh. Seluruhnya bahan di rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Asamnya (Tomarindus indica) ditujukan untuk berikan rasa enak nyaman pada jamu itu. Maklum, bau daun ketepeng cina memanglah memuakkan. Sedang serbuk kelembak, (yang bisa dibeli di warung jamu juga sebagai potong-potongan akar kering, atau di apotek juga sebagai serbuk Rheum cortex), yang memiliki kandungan emodin, berbentuk mengernyitkan dinding usus, hingga merangsang orang untuk buang air besar.

 Sari rebusan ketiga unsur jamu itu disaring serta diminumkan pada anak yang bercacing kremi. Obat lepra Penyakit lepra dikarenakan basil halus yang dimaksud basil bansen. Tanda-tandanya : ada bercak-bercak merah yang gatal pada punggung serta muka. Lama kelamaaan warnanya jadi merah coklat. Diluar itu ada benjol-benjol pada kening, telinga, hidung serta dibawah tangan. Untuk ini, ambil 1/4 genggam daun ketepeng cina, 1/4 genggam daun ceraka merah, umbi temulawak 6 cm, lengkuas 4 cm, jintam hitam 1 sendok teh serta gula enau 3 potong yang masing-masing 8 cm. Seluruhnya dibikin bersih lantas di rebus dengan air 3 gelas.

 Biarlah selalu mendidih sampai tinggal 1/4 sisi, saring serta dibagi tiga untuk diminum 3 kali satu hari (Tarmizi, BSc) Sariawan Sariawan yaitu tukak kecil, dengan basic berwarna keputihputihan, yang berlangsung pada lidah, bibir, atau gusi serta menyebabkan rasa nyeri. Penyebab : Sariawan dikarenakan oleh kekurangan zat besi, vitamin B12, vitamin C, namun bisa pula muncul karena stres. Penyembuhan : • 30 gr daun ketepeng cina di rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc lalu airnya diminum pada saat hangat. serta kerjakan dengan teratur 2 x satu hari. Obat panu • 2 lembar daun ketepeng cina di beri sedikit garam serta digosok-gosokkan di bagian kulit yang berpanu. Kerjakan setiap saat usai mandi.