KASIAT JAMUR AMPUH OBATI BERBAGAI PENYAKIT YANG MEMATIKAN


Di antara bermacam jamur pangan yang lezat, nyatanya banyak juga yang bermanfaat juga sebagai obat. Ada jamur juga sebagai pencegah anemia, antidiabetes, penurun tensi, serta ada juga yang dapat turunkan cholesterol dalam darah.

 Terdapat banyak type jamur tidak beracun yang berguna. Juga sebagai bahan makanan, kita mengetahui jamur merang atau cendawan jerami, jamur kuping, jamur kukuran, jamur tiram, serta jamur paying yang bisa di proses jadi hidangan lezat bergizi tinggi

. Dalam literature Cina kuno tercatat bahwa jamur kuping dapat digunakan juga sebagai penurun desakan darah tinggi, serta jamur paying juga sebagai penurun cholesterol. Nyatanya hasil riset FAO (Food and Agriculture Organization) juga mensupport pendapat itu.

 Jamur yang kita kenal Apabila kita jalan di kebun, hutan, atau ditempat yang lembab banyak kita temui jamur. Ia suka tumbuh diatas kayu mati atau tumpukan jerami padi yang senantiasa basah oleh air. Maka dari itu pada musim hujan sering bermunculan jamur kurun waktu sebagian minggu.

 Yang paling di kenal sudah pasti jamur yang tumbuh sebesar jempol pada tumpukan jerami padi, yang enak dikonsumsi. Jamur merang atau cendawan jerami ini telah banyak dibudidayakan serta bisa dibeli di took swalayan serta supermarket. Jamur jenis yang lain yang lezat dikonsumsi juga banyak dibudidayakan serta di pasarkan. Jamur merang (Volvariella volvacea) termasuk juga dalam familia Agarcaceae. Jamur merang berupa paying, terdiri atas batang serta tudung.

 Pangkalnya memiliki selaput yang pada awalnya menutupi semua badan buah yang masih tetap kecil. Sedangka pada permukaan bawah tudungnya, ada lembaran-lembaran yang ersusun seperti jari-jari payung. Ditempat ‘ari-jari payung’ tersebut spora jamur dapat nampak. Saat masih tetap kecil, bentuk jamur meran bulat seperti kelereng. Semakain besar bakal muncul warna coklat tua, serta mulai buka mahkotanya. Daging jamur yang bewarna putih kecoklatan ini kenyal, empuk, serta sedikit memiliki serat. Jamur merang di jual ketika tudung mahkotanya belum merekah.

Jamur yang telah merekah akan tidak tahan lama disimpan serta nilai gizinya telah menyusut. Jamur yang lain bisa dijumapi di market yaitu jamur tiram, jamur payung shiitake yang telah dikeringkan, jamur payung shiitake yang masih tetap fresh, jamur kuping seperti warna daging, jamur kuping seperti warna daging, jamur kuping yang telah dikeringkan, serta jamur champignon yang sangatlah putih.

 Jamur shiitake sudah dapat dibuktikan mengobati sebagian penyakit diantaranya : mandul, stroke, kanker, keunggulan lemak, insomnia, darah tinggi, wasir hingga diabetes. Bahakan bila sekedar hanya influenza serta kejantanan, tidak butuh pinjam mulut orang lain. “saya sendiri merasakannya, influenza menjauh dari hidung saya, ” tutur Adiyuwono di Bandung. Dahulu jamur shintake serta maitake dikonsumsi untuk perpanjang usia. Shiitake memiliki kandungan senyawa anti kanker, anti virus serta dampak menyebabkan kekebalan.

 Kandungan gizi 100 gr jamur shiitake terbagi dalam vitamin B1 0, 16 mg ; B1 0, 64 mg ; C 6, 25 mg ; D2 76, 90 mg. Diluar itu ada protein 7, 58 gr ; lemak 0, 93 gr ; karbohidrat 11, 42 gr ; kalsium 800 mg ; fosfor 800 mg ; kalium 420 mg ; besi 19 mg ; niasin 7, 60 mg ; asam pantotenat 3, 20 mg ; serta air 75, 37 gr. Untuk jadikan obat disarankan tak merebusnya, karena disangka kandungan gizinya berkurang (Karjono, Trubus 364, Mar 2000).

Obat hipertensi Satu genggam jamur kuping putih (Tremella fuciformis) disiram -3 kali, supaya bersih dari pasir. Slanjutnya jamur itu ditim berbarengan 3 gelas air, hingga airnya tinggal kurang lebih 2 gelas. Rebusannya – air berbarengan ampasnya – selanjutnya diminum tiap-tiap pagi serta sore, masing-masing satu gelas.

 Terasa memanglah hambar saja. Sepanjang minum rebusan jamur disarankan tak minum obat apa pun, juga tak lakukan diet. Kerjakan dengan cara teratur hingga Anda rasakan penurunan tensi yang bermakna (pengalaman hartono S & Ny. Sugiarto, Trubus 247 1990). Obat diabetes Jamur shiitake digodok dengan 3 gelas air, sampai tinggal 2 gelas. Minumlah pagi satu gelas serta sore satu gelas. Penggunaannya dapat 2-3 kali hingga air rebusannya tampak bening. Janganlah dibuang, kaki jamur bekas rebusan dapat dimasak.

 Bisa digabung dengan mi instant (T Sunardi, Trubus 364 Mar 2000). Obat diabetes diikuti pembengkakan kaki Jamur kuping putih 10 gr didirendam semalam dalamas air. Setelah itu, jamur kuping itu digabung 2 gelas air lalu di tim 30 menit, hingga tinggal 1 gelas. Minumlah sekali dua hari rebusan jamur itu berbarengan jamurnya malam mendekati tidur. Seudah meminumnya tak akan makan apa-apa (Della, Trubus 247 Juni 1990).

 Masalah pernafasan Masalah pernafasan disebut yaitu jalan hawa hidung serta sinus (rongga diisi hawa) alami infeksi serta beberapa masalah lain. Masalah pernafasan itu bisa berbentuk hidung berair atau mungkin saja tersumbat lender yang dikarenakan oleh infeksi virus, selaput lender hidung serta mata membengkak dengan keluar ingus, serta bersin-bersin yang dikarenakan oleh reaksi alergi.

 Diluar itu masalah pernafasan bisa pula berbentuk permasalahan seperti sinusitis, polip, sindrom, apses paru-paru dan sebagainya, di mana masalah itu empunyai tanda-tanda sendiri. Pada masalah pernafasan sindrom, cairan terbentuk dala paru-paru serta mengakibatkan paru-paru kaku. Tanda-tanda ini mengganggu pernafasan lantaran menyusutnya jumlah oksigen dalam kapiler-kapiler yang memompakan oksigen ke paru-paru