Program Komputer

Saat kita menggunakan atau mengoperasikan sebuah komputer kita tentunya kerap kali mendengan sebuah istilah yang sering disebut dengan program. Pogram komputer merupakan sebuah aplikasi yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman tertentu yang kemudian terpasang di dalam komputer.

Pada umumnya seseorang membuat program komputer dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan ataupun masalah yang kerap kali dihadapi oleh berbagai pengguna komputer. Program merupakan contoh dari software atau perangkat lunak komputer yang menuliskan hasil dari aksi yang telah dilakukan ataupun akan dijalankan oleh komputer.
program komputer

Program adalah sebuah perangkat lunak atau software yang pada umumnya yang bertugas sebagai pengatur perangkat keras, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan berbagai perangkat lunak lain yang terdapat di dalam sebuah komputer. 
  • Jenis-jenis Program Komputer
  • Program Grafis, misalnya Photoshop, Corel draw, dan lain sebagainya.
  • Program kantor, misalnya Microsoft Office, Open Office, dan lain lain.
  • Program Multimedia, misalnya Winamp, Windows Media Player, beserta kawan-kawannya.
  • Program internet, misalnya Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.
  • Program keamanan PC, misalnya Firewall, Antivirus, dan lain-lain.
  • Dan masih terdapat sederet program yang tersedia di dalam komputer yang dapat kita nikmati untuk membantu memudahkan proses kerja kita. 
Program komputer juga dapat diklasifikasikan lebih mendetail seperti:
Shareware adalah program yang membatasi penggunaanya dengan cara mengurangi fitur-fitur yang terdapat dalam program tersebut ataupun mengurangi jangka waktu yang dapat dipergunakan untuk memakai program tersebut.
Freeware  adalah software yang sengaja dibuat untuk disebarluaskan secara cuma-cuma alias gratis.
Adware, merupakan program yang gratis, namun saat dijalankan sering kali kita menemui berbagai iklan yang terdapat didalam program tersebut. Iklan itu sengaja dibuat demi kepentingan komersial si pembuat program.
Beta version, adalah test hasil produk sebelum dikeluarkan sebagai barang komersial. Pada intinya program ini disebarluaskan secara gratis dengan dan diharapkan agar mendapatkan komentar yang membangun demi baiknya kualitas program sebelum siap untuk diperdagangkan.
Dan masih banyak lagi jenis klasifikasi program yang dapat kita pelajari.


Untuk kesempatan kali ini penulis rasa sudah cukup menambah pengetahuan kita mengenai program komputer. Pada intinya, program komputer sering kali muncul karena ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan yang kita hadapi, dengan pemikiran manusia yang semakin berkembang, maka munculah sebuah program komputer tersebut yang sekarang banyak sekali macamnya. Semoga bermanfaat. (Baca juga tentang: TENTANG KEYBOARD KOMPUTER)