5 Budaya Indonesia yang Terkenal karena Mistisnya

ngawicybers.blogspot Blog - Indonesia adalah negara yang memiliki budaya dan kesenian yang beragam karena Indonesia terdiri dari banyak suku-suku yang yang bahkan lebih dari 100 suku, termasuk sub suku. Tentu saja banyak di antara kebudayan dari suku di Indonesia juga telah banyak di kenal oleh orang-orang luar indonesia sehingga Indonesia pun semakin menarik di mata dunia.

Ada beberapa budaya di Indonesia yang begitu terkenal karena sesuatu hal yang erat kaitannya dengan ghaib atau mistis. Apakah anda tahu budaya apa saja itu?

Berikut ini adalah 5 budaya Indonesia yang terkenal karena mistisnya yang terdapat di dalam suku-suku di Indonesia :
Tari Balian / Wadian via azamku.com
#1. Balian
Balian adalah kesenian tari suku dayak di kalimantan namun sebelum menjadi sebuah kesenian tari ternyata tarian ini juga dapat di pergunakan sebagai upcara adat untuk pengobatan-pengobatan yang ada di suku dayak khususnya pengobatan untuk orang-orang yang sakit parah. Balian hingga kini masih misterius karena detail pengobatannya masih belum pasti untuk proses pengobatannya dan erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis.  (baca : Inilah Tarian Suku Dayak Paling Misterius di Dunia)

#2. Ma'nene
Pernah melihat orang yang meninggal lalu dapat bangkit dan berjalan sendiri dari kuburannya? Pemandangan hal ini sangat wajar bagi suku Toraja. Ma'nene adalah sebuah ritual kematian yang ada di suku Toraja di Sulawesi Selatan dimana ini dilakuka sebagai upacara pembersihan mayat. Uniknya, Mayat tersebut berjalan dengan kakinya walaupun gerakannya sangat kaku. Tentu hal ini sangat erat kaitannya dengan hal-hal mistis di suku Toraja. ( baca : Salah Satu Ritual Paling Dikenal Dunia ada di Indonesia)

#3. Kuda Lumping
Suku jawa juga memiliki sebuah budaya yang terkenal mistisnya yang bernama kuda lumping? apakah anda pernah melihat kuda lumping? sepintas anda akan melihat sebuah kesenian tradisional jawa dimana penari dengan menggunakan kuda yang terbuat dari bambu dan juga menggunakan pecut. Ada juga yang menggunakan celeng dalam tariannya. Namun penari seakan-akan memiliki kekuatan khusus ketika ritual telah sepenuhnnya selesai dan mereka akan ndadi ( istilah jawa) dan dapat makan beling, arang dll seperti sedang kerasukan makhluk ghaib.

#4. Bambu Gila
Bambu gila adalah sebuah permainan yang ada di maluku. Pemain yang memainkan permainan ini seakan menari. Anehnya bambu itu semakin berat dan seakan bergerak yang membuat para pemain bertarung melawan bambu tersebut. ketika melihat ini, anda akan mengalami sensasi supernatural ada di dalam permainan bambu gila. (baca : Menguak Misteri Pada Permainan Bambu Gila)

#5. Tari Barong
 Untuk di ketahui bahwa barong adalah sebuah mitologi yang ada di bali. Ia adalah raja dari roh-roh yang juga melambangkan sebuah kebaikan. Di percayai bahwa Banas Pati Rajah merupakan roh yang  menggerakan barong tersebut.

Itulah 5 budaya indonesia yang terkenal karena mistisnya dan tentu tidak hanya 5 budaya tersebut saja yang ada di indonesia yang memiliki sisi mistis, masih ada banyak lagi yang masih belum dapat saya sajikan dalam tulisan saya ini. Silahkan berikan komentar anda mengenai artikel ini dan suku-suku lain yang memiliki kebudayaan mistisnya.

(ngawicybers.blogspot.com)