"takut-terserang-kanker-payudara-jangan-konsumsi-minuman-ini"



Beragam studi sudah menunjukkan kecanduan minuman mengandung alkohol tingkatkan resiko terserang kanker pay*udara. Tetapi suatu studi dari Harvard University temukan kenyataan lebih riil bahwa satu gelas anggur merah sehari-hari dapat tingkatkan resiko terserang kanker pay*udara, terutama untuk yang mempunyai kisah dalam keluarganya.

 " Mengkonsumsi satu gelas satu hari tingkatkan resiko kanker terlebih kanker pay*udara sampai 13 % dibanding wanita yg tidak minum, " papar peneliti postdoctoral dari Harvard TH Chan School of Public Health, Yin Cao.


Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal ini, jaringan pay*udara lebih rawan pada alkohol dibanding organ lain. Serta ini berlaku untuk mereka yang mempunyai kisah keluarga dengan kanker ini seperti ditulis dari laman Prevention, Rabu (2/9/2015).

Studi ini juga semakin memperkukuh efek jelek minuman mengandung alkohol. Pada awal mulanya, 100 riset epidemiologi sudah temukan keterakaitan pada keduanya. Satu diantaranya dalam Oford University's 2009 Million Women Study nyatakan minum 10 gr atau dua gelas alkohol sehari-hari tingkatkan resiko terserang kanker pay*udara 12 %.

Walau beragam anggur merah mempunyai bermacam manfaat seperti penyakit jantung serta penyakit degeneratif lain, Cao menyampaikan resiko semakin banyak dibanding manfaat untuk wanita yang rawan terserang kanker pay*udara.