Cara Nonton TV di Laptop Dengan dan Tanpa Koneksi Internet

Dewasa ini, banyak orang yang memiliki laptop ataupun komputer. Laptop bisa dipakai untuk berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan hiburan pemiliknya, salah satunya TV. Kita dapat melakukannya dengan alat tambahan dan tentunya koneksi internet. Ingin tau cara nonton TV di Laptop ? Simak penjelasannya di bawah ini!

Layaknya nonton di televisi biasa. kita dapat streaming gratis di berbagai situs TV online. Tiap stasiun televisi seperti RCTI, Global TV, Net TV, MNC TV, Indosiar, SCTV, TransTV, ANTV, Trans7, RTV dll sudah mempunyai channel streaming sendiri di offical website mereka masing masing. Di tambah lagi banyak situs yang tidak hanya memberikan channel Indonesia saja tapi kita bisa menikmati beberapa channel luar negeri.

Cara Nonton TV di Laptop dengan Koneksi Internet

Sebenarnya ada software yang bisa diinstall dan memudahkan kita untuk menonton TV online, tapi saya pribadi lebih suka langsung menontonnya di browser tanpa perlu ribet.

Alat yang dibutuhkan:
    • Laptop / Komputer
    • Browser
    • Koneksi Internet, yang stabil dan cepat.
    Kelengkapan tersebut pasti sudah dimiliki semua orang. Setelah semua terkoneksi, langsung saja buka browser dan masuk ke salah satu situs TV online.

    Coba lakukan pencarian di google dengan kata kunci "TV Online" hasilnya sangat banyak sekali.

    Dari semua situs TV Online, saya sarankan untuk memilih situs yang tidak banyak iklan. Iklan yang terlalu banyak selain menganggu kenyamanan juga sedikit mempengaruhi buffering TV.
    Cara Nonton TV di Laptop  Tanpa Internet

    Rekomendasi Situs TV Online

    • Mivo - http://www.mivo.com/
      Situs TV Online berdiri sejak tahun 2009, boleh dibilang salah satu yang pertama di Indonesia. Saat ini mereka memiliki 40 channel, kebanyakan stasiun TV Indo selain itu ada Jerman, Arab, Iran dll.
    • UseeTV - http://www.useetv.com/
      UseeTV didirikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Selain memberikan 23 channel televisi, UseeTV juga memberikan streaming langsung jika ada event penting yang diadakan Telkom.
    • KompiTV - http://kompitv.com/
      KompiTV selain memberikan channel Indonesia, mereka juga memberikan channel olahraga termasuk sepakbola luar negeri
      Kekurangan dari cara nonton TV di laptop dengan koneksi internet adalah tagihan internet yang bisa membengkak. Sangat tidak disarankan bagi yang menggunakan internet berkuota, lebih baik menggunakan internet unlimited seperti Speedy.

      Laju streaming TV online sangat terpengaruh terhadap kestabilan dan kecepatan koneksi internet kita. Nasib kita sebagai warna Indonesia, internet sudah mahal lemot pula.

      Cara Nonton TV di Laptop Tanpa Koneksi Internet

      Untuk menonton televisi tanpa koneksi internet, kita harus beli alat tambahan lainnya. Memang harus mengeluarkan duit di awal tapi hal ini demi kemudahan di hari selanjutnya, so why not?

      Alat yang dibutuhkan bernama TV Tuner, pengertiannya adalah perangkat elektronika yang dibutuhkan sebagai penangkap siaran televisi yang kemudian ditampilkan pada layar monitor PC ataupun laptop.

      Ada 3 jenis TV Tuner di pasaran:
      • TV Tuner Combo
        Untuk TV Tuner jenis ini kita tidak perlu menghidupkan CPU. Cukup memasangkannya pada monitor lalu hidupkan. Kita bisa langsung menonton TV.
      • TV Tuner Card
        Berbentuk lempengan yang harus dipasang di motherboard (hanya bisa di PC tidak di Laptop). Setelah itu kita harus menginstall driver agar hardwarenya bekerja dengan baik.
      • TV Tuner Mini
        Jenis inilah yang disarankan digunakan untuk menonton TV di laptop. Sering disebut juga sebagai TV Tuner USB Stick, colokannya adalah USB 2.0 yang langsung ditancapkan di slot USB laptop.
        Beberapa TV Tuner juga dapat membantu kita merekam acara televisi. So kita tidak perlu takut ketinggalan acara kesayangan jika sedang repot. Harga rata-rata TV Tuner itu sekitar 250 ribu rupiah, harga segitu sudah termasuk antena, remote dan kabel kabel kelengkapannya. Sekian artikel tentang Cara Nonton TV di Laptop Dengan dan Tanpa Koneksi Internet, selamat menonton!