Rasulullah Mengingatkan Agar Berhati-Hati BerPrasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Reportase Terkini - Prasangka adalah klaim yang belum tentu kebenarannya. Muslimah yang berprasangka buruk kepada tetangganya, dia akan selalu curiga terhadap setiap apa yang diperbuat tetangganya itu. Seorang istri yang berprasangka buruk kepada suaminya, dia akan selalu mengintai, mengawasi gerak-gerik suaminya hingga 24 jam.



Padahal, apa yang diprasangka belum tentu benar. Allah melarang perbuatan ini, Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kekayaan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain (QS Al-Hujurat [49]: 12).
Baca Juga : Allah Paling Membenci Orang Yang Mempunyai Sifat ini !
Jadi, Muslimah perlu berhati-hati akan bahaya prasangka ini. Lihatlah buktinya dahulu, hindari memvonis atau memutuskan perkara berdasarkan prasangka saja. Jangan sampai timbul penyesalan dan rasa malu ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diprasangkakan. Dikatakan dalam hadis, "Hati-hatilah kalian terhadap prasangka. Karena, sesungguhnya prasangka adalah berita yang paling dusta" (HR Bukhari dan Muslim). [reportaseterkini]