BEDA HARGA : beda harga antara price tag dengan POS (Point Of Sales) kasir.
Indomaret/Alfamart A : IDM A
Indomaret/Alfamart B : IDM B
Indomaret/Alfamart C : IDM C
IDM A, B, C, D yaitu gerai yang berbeda tempat tetapi, masihlah dalam satu kota
Ini yang kesekian kalinya saya belanja di IDM, namun akhir” ini saya kurang nyaman dengan apa yg dilakukan IDM, terlebih kepada pelanggannya, why? cekidot cerita saya gan!!! “Terang seorang kaskuser”
TKP IDM A :
Saya berbelanja ditempat itu, berniat hanya 1 item, pastinya saya telah pastiin price tag ama brg yg dibeli, yaitu sama, hingga di kasih nah lho kok harga nya beda selisih hingga 1000 rupiah, dalam hati saya sepertinya salah saksikan deh harga nya, okelah nextime lebih jeli saja.. (masihlah prasangka baik, mungkin saja saya yg kurang cermat)
TKP IDM B :
Seperti dapat sebelum belanja saya pastiin price tagnya, ama barang cocok, nah kebetulan ada tag promo disamping tag harga, hanya ada tulisan beli 1 gratis 1 namun ada yg sayah gambar promonya (1 botol + 1 botol = 1botol) sesaat saya pikir yg bener mana nih, jika semua tentu setuju jika yg disebut yaitu beli 2 gratis 1 ya tidak coz gambarnya gitu, namun kenapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener yaitu tulisan promo tag, akhirnya saya beli 1 botol dengan harapan dapet gratis 1, ternyata sampai kasir.. eng ing.. eng, tidak dpt gratis oooaaalaaahhh, kecewa.
TKP IDM C :
Week end bisanya paling banyak pengunjungnya, namun ada yang sayah cocok saya beli di sana, ada beberapa barang yg tidak ada price tagnya, saya pikir ooo mungkin lagi di print harga baru kali (note : h-1 saya ke sana masih inget item yg saya beli masihlah tercantum harganya), okelah saya beli brg yg sama seperti kemaren, kali ini tanpa ada price tag di sana, apa yg terjadi hingga kasir? ternyata hingga sana harganya lebih mahal dari kemaren, selisih di atas 500 rupiah, hal ini (item barang tanpa price tag) berjalan selama kian lebih 2hari (apa iya hanya print price tag, perlu saat selama itu).
TKP IDM D :
Peristiwa persis ada di TKP IDM A, kali ini karena saya lagi badmood, (tentunya masih dengan anggapan saya orangnya teliti-baca TKP A), sampai di kasih ternyata harganya beda lagi ama yg di price tag, apesnya saya bw uang pass lagi, wah kalu gitu kurang nih bayarnya (dalam hati), langsung saja saya nyeletuk “mbak kok harganya beda ama label harga di rak-nya” kaget kyknya tu kasir, eee jadi tanya teman kasir satunya?, sambil ngomong sendiri “mungkin ada potongan, ya.. sembari cek depan mesin kasir…”oooya mas ada potongan xxx rupiah” ngomong dengan entengnya dengan pasang muka tidak bersalah….. saya langsung cabut.
TKP IDM A to D :
TKP IDM A namun pakai trik di TKP IDM D ; saya masih penasaran, mungkin saja lg error mesin di kasir, okelah saya praktik in di IDM A (baca masalah IDM A), apa yg terjadi terjadi, akhirnya yaitu sama persis dengan kejadian IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda…B. E. D. A, seperti umum saya gunakan trik di IDM D, namun kali ini kasirnya segera lihat ke rak-harganya and ternyata harganya memang saya yg bener.
ANALISIS :
1. Bagaimana mungkin system POS (point of sales) pada satu gerai dengan gerai lain dapat salah semuanya (dalam masalah ini POS tidak otomatis mengurangkan ada diskon item spesifik), dengan demikian buyerlah yg dirugikan coz jika kamu tidak protes ada beda price tag ama item, kasir tidak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human IDM yg error atau memanglah berniat “dibuat” sekian, dengan jargon “MURAH serta HEMAT”.
2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya hingga beberapa hari yaitu tidak wajar (menurut saya), ini yaitu trik yg dipakai IDM untuk memperoleh kan keuntungan sesaat denga jumlah besar, dengan memanfaatkan even dimana pengunjung umumnya paling banyak (weekend), mereka dengan mudahnya menyeting harga, dengan posisi buyer yg “pasrah” saat mereka tidak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka tentu me-refers, ke harga kemarin tapi apa daya sampai kasir mereka harus membayar lebih, serta tulah yg saya alami)
3. Banyak promo yg menyesatkan di IDM (baca : kasus IDM B), belum lagi jika di gabungkan dengan trik “harga beda” ala IDM = menjanjikan keuntungan besat dalam waktu singkat, terlebih dengan jumlah gerainya sampai 6. 000, cobalah anda bayangkan selisih “beda harga” 1. 000 rupiah saja untuk 1 item barang dalam sehari bisa bisa “duit kaget” = 1. 000 rupiah x 6. 000 gerai = 6. 000. 000/item/gerai/hari.
4. Alasan tidak masuk akal ; dalam kasus IDM D, dengan entengnya kasir ngomong, “potongan belum di kurangkan”, saya tidak yakin orang yg belanja di belakang antrian saya dapet “perlakuan” yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).
5. Penempelan price tag tidak pada tempatnya ; ini yg membuat buyer “tertipu” dengan harga murah, apalagi yg beli dalam jumlah banyak tidak akan ingat dengan price tagnya satu-persatu.
TIPS BELANJA DI IDM :
1. Pastikan anda cermat sebelum beli item (cek price tag = item), jika perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone)
2. Pastikan punya nyali untuk menegur kasir jika merasa ada yang sayah dengan price tag yang tidak sama dengan item atau anda akan jadi bulan”an IDM
3. Bila kurang puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.
sumber : perindusurga
Posting Komentar