MALAIKAT KECIL KU MENINGGAL KARENA HAL SEPELE INI! IBU.. BAPAK JIKA KALIAN SEMUA TIDAK INGIN BERNASIB SAMA SAYA MOHON BERIBU MOHON LUANGKAN WAKTU ANDA UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI (TOLONG SEBARLUASKAN ARTIKEL BERMANFAAT INI)

Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya lewat langkah melempar-lemparkan ke udara lantas menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan badan dan bahunya keras sembari berekspresi gemas. Bila anda lakukan sekian, jadi berhentilah segera. Jika saksikan orang lain berbuat sekian pada bayi mereka, cegahlah, lantaran begitu beresiko untuk tubuh bayi.





Tahukah Anda? Lebih dari setahun waktu itu nih teman dekat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu tipe penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Satu di antara pemicunya ini yaitu guncangan pada tubuh bayi. Demikian mengagetkan kan..

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi tiap-tiap th. alami rusaknya gawat di otak lantaran mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan tentang angka itu berdasarkan pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memprediksi angka bayi yang alami trauma karena diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi.

“Guncangan keras sepanjang lima detik saja telah cukup untuk menyebabkan rusaknya fungsi-fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Kenapa guncangan pada bayi dapat bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini lantaran bayi yang masih demikian muda belum dapat menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Menyebabkan, bila bayi terguncang badannya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan rusaknya otak dan pendarahan didalam otak dan pada permukaan otak, sampai bisa menyebabkan masalah serius pada otak sang bayi, dan bisa mengakibatkan masalah yang jalan permanen, seperti :





1. Rusaknya otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. epilator * dan
5. Sulit bicara
6. Sulit belajar
7. Sulit koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Berikut adalah beberapa hal yang butuh dijauhi beserta panduan menghindar :

- Jangan sampai pernah mengguncang tubuh bayi dibawah usia 3 th., dengan argumen apapun juga.

- Saat Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa untuk selalu menyokong kepala bayi anda dengan tangan.

- Katakan intinya melindungi kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda.

- Pastikan umumnya orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda kenali benar bahayanya seseorang bayi bila diguncang-guncang atau digoyang.

Pada beberapa orang anak bahkan juga dapat juga mengakibatkan kematian. Ini di kenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa beresiko?

Bayi mempunyai kepala semakin besar dibanding dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya masih tetap lemah. Bila diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang. Hentakan-hentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya. Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, menyebabkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan di mata bayi.

Peluang terbesar yaitu pada bayi di bawah 1 th., namun tidak tutup peluang bisa jalan di umur yang semakin besar. Yang butuh diwaspadai yaitu guncangan-guncangan ini bisa jalan malah saat kita asik bermain dengan sang bayi. 

Karenanya terdapat banyak permainan dan kesibukan yang butuh dijauhi untuk mencegahnya, satu diantaranya :

1. Melempar bayi ke hawa.
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Jangan sampai lupa mengingatkan orang-orang di sekitaran Anda ya, sharing info ini hingga terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga tidak untuk mengguncang bayi.