Tak Hadiri Debat, SBY: Saya Yakin Agus Mampu, Dia Jujur dan Konsisten

Agus Yudhoyono saat berorasi
Agus Yudhoyono saat berorasi. (Istimewa)
ngawicybers.blogspot.com. Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memastikan tidak akan mendampingi pasangan cagub DKI nomor urut 1 Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dalam debat pamungkas yang diselenggarakan KPU DKI Jakarta pada besok Jumat (10/2). SBY mengaku optimistis Agus dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin.

"Kalau debat, tidak harus hadir saya. Debat itu sudah milik dia. Kita paling tepuk tangan, tapi tidak harus hadir. Saya dengar katanya Bu Mega (Ketum PDIP) mau hadir, Pak Prabowo (Ketum Gerindra) mau hadir, itu pertimbangan masing-masing. Karena saya yakin Agus mampu, tidak harus saya tungguin pun dia mampu mengemban tugasnya," ujar SBY kepada detikcom di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

SBY tidak mengomentari lebih jauh mengenai performa Agus dalam debat sebelumnya. Menurutnya, Agus merupakan sosok yang berintegritas.

"Karena pertanyaan ini ada yang umum, ada yang khusus, tidak bisa menggali kedalaman yang seluas-luasnya. Tiga calon, menurut saya, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang jelas, Agus honest, 'Kalau saya dapat amanah, ini visi saya, ini solusi yang saya tawarkan,'" jelas ayahanda Agus tersebut.

SBY mengakui Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menguasai materi karena juga menjabat Gubernur DKI. Namun, menurut SBY, Agus dapat memberi solusi atas persoalan di Ibu Kota yang belum diselesaikan Ahok-Djarot.

"Tentang rincian, tentu yang lebih menguasai adalah Pak Ahok karena dia gubernur. Tetapi bagaimana mengatasi (persoalan) yang menurun-menurun ini, Agus punya solusi atas permasalahan itu. Jadi, kalau dari mana melihatnya, kalau saya harus mengambil skenario yang paling biasa, ya imbang tiga-tiganya," jelas SBY.

SBY menegaskan Agus merupakan sosok yang konsisten antara perkataan dan perbuatan.

"Yang jelas Agus honest. Saya tahu, kalau dia sudah punya A di dunia militer, ya dia A. Saya nggak tahu apakah Pak Ahok konsisten seperti itu kalau terpilih kembali, atau Pak Anies seperti itu. Kalau Agus saya yakin dia konsisten," pungkasnya.

Tema yang diangkat dalam debat pamungkas adalah 'Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Jakarta'. Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan, selain tema besar tersebut, ada subtema dari KPU RI. Subtema tersebut akan dikoordinasikan dengan para panelis untuk dirumuskan pertanyaannya kepada pasangan calon.

"Ada tema besar dan subtema. Subtema itu dari KPU RI, yaitu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, anti-penyalahgunaan narkoba dan kebijakan terkait disabilitas," ujar Betty, Kamis (9/2).

Setelah debat pamungkas, Pilgub DKI akan memasuki masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye pada 12-14 Februari 2017. Pemungutan dan penghitungan suara akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Rekapitulasi suara pada 16 sampai 27 Februari 2017