Cara Unggah Majalah & Buku di Google Play Books untuk Dibaca Online di ASUS Zenfone

ngawicybers.blogspot.com – Bagaimana cara unggah majalah dan buku di Google Play Books untuk dibaca online di ASUS Zenfone? Caranya cukup mudah. Anda tinggal upload saja berkas majalah terpilih (biasanya format PDF) ke situs Google Play Books (disarankan versi web).

Google Play Books sendiri adalah satu aplikasi dan layanan dari Google yang bisa dimanfaatkan untuk membaca konten digital entah itu buku atau majalah. Sekitar satu atau dua tahun yang lalu Google Play Books mengizinkan pengguna mengunggah berkas ke layanan ini dengan format PDF dan ePub.

Menariknya, jumlah berkas yang diizinkan terunggah “tidak terbatas” asalkan tiap berkas berukuran kurang dari atau di bawah 100MB. Layanan ini sungguh sayang jika tidak dimanfaatkan. Alasannya, dengan menyimpan berkas majalah atau buku berformat PDF dan ePub, kita bisa membacanya di lintas perangkat dengan teknologi cloud [Baca: Cara Main Game di Android agar Lancar dan ASUS Zenfone Tidak Lemot]. 

Cara Unggah Majalah di Google Play Books untuk Dibaca Online di ASUS Zenfone 6
Disarankan mengunggah berkas buku atau majalah di Google Play Books versi web.

Sehingga, Anda bisa baca majalah atau buku kapan saja dan di mana saja asalkan perangkat terhubung dengan internet. Dengan teknologi cloud, majalah dan buku yang sedang dibaca akan disinkronkan hingga halaman terbuka. Misalkan saja, Anda sedang membaca Majalah MALE di tablet di halaman 15, ketika membuka majalah itu di smartphone maka akan di-resume di halaman yang sama.

Majalah dan Buku Koleksi Pribadi

Dengan demikian tips cara unggah majalah dan buku di Google Play Books untuk dibaca online di ASUS Zenfone ini bisa dipakai bagi mereka yang ingin memiliki sebuah “perpustakaan digital” di cloud. Jika semua buku dan majalah diunggah, koleksi Anda bakal lengkap dan bisa dibaca kembali sewaktu-waktu [Baca: Cara Membuat, Memilih & Kustomisasi PIN BBM Cantik Sendiri Suka-suka].

Mungkin Anda bertanya-tanya, di mana mencari majalah digital gratis, lengkap, koleksi melimpah, bisa diunduh, dan tentu saja legal. Untungnya Detik baik hati dan kami sarankan mengunduh PDF majalah yang menginduk di situs tersebut. Ada tiga majalah gratis yang di-free-kan mereka yakni Majalah Detik, Majalah MALE, dan Majalah FEM.

Unduh saja tiap edisi majalah itu dan simpan berkas PDF-nya kemudian unggah ke Google Play Books. Bukannya di tiap majalah tersebut memiliki aplikasi sendiri-sendiri? Memang benar. Tapi jika Anda ingin mengoleksinya pribadi dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja lintas perangkat, tentu mengunggah ke Google Play Books adalah solusi yang bisa diandalkan.

Cara Unggah Majalah & Buku ke Google Play Books

Untuk tips cara unggah majalah dan buku di Google Play Books untuk dibaca online di ASUS Zenfone, pastikan berkas majalah atau buku telah disiapkan. Google Play Books mengizinkan berkas PDF dan ePub yang bisa diunggah. Sedianya mengunggah via perangkat bergerak, baik itu smartphone atau tablet dimungkinkan. Tapi, disarankan via desktop di situs Google Play Books [Baca: Cara Melihat Foto Instagram di Akun Private atau Terkunci Tanpa Follow].
  1. Kunjungi situs Google Play Store versi desktop web di sini.
  2. Setelah masuk, klik menu “Books.”
  3. Kemudian klik menu “My Books.”
  4. Di pojok kanan atas, klik menu “Upload Files.”
  5. Lalu muncul pop-up window dan pilih berkas majalah atau buku yang telah disiapkan dengan klik “Select files from your computer.”
  6. Jika berkas majalah atau buku Anda berada di Google Drive, Abda bisa pilih opsi “My Drive.”
  7. Jika sudah memilih berkas, klik “Open” untuk mengunggah.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses unggahan selesai yang nantinya akan dikirim notifikasi jika koleksi Google Play Books Anda telah diperbaruhi dengan buku atau majalah baru.
Lantas, di mana koleksi buku dan majalah yang ada dan bagaimana cara membacanya? Cukup buka aplikasi Google Play Books baik itu di perangkat tablet atau smartphone lalu tap saja “My Library.” Nantinya akan muncul sejumlah koleksi Anda baik itu yang dibeli dari Play Store atau versi unggahan. Tap “Uploads” untuk melihat koleksi buku atau majalah yang telah diunggah [Baca: Cara Mengubah Tampilan Warna Background Aplikasi Instagram di ASUS Zenfone].

Cara Unggah Majalah di Google Play Books untuk Dibaca Online di ASUS Zenfone
Buku dan majalah terunggah Anda bisa dijumpai di My Library - Upload di aplikasi Google Play Books.

Demikian tips cara unggah majalah dan buku di Google Play Books untuk dibaca online di ASUS Zenfone. Tentu saja tips ini cukup mudah dan bisa diaplikasikan siapa saja pemilik ASUS Zenfone. Selamat mencoba.