Ini Dia Alasan Batu Akik Bahan Kalsedon Pacitan Banyak Diminati

Sampai kini kerajinan akik Pacitan jadi salah satu ciri khas dari Kabupaten yang ada di pesisir selatan Jawa Timur ini. Dalam kurun saat sebagian decade paling akhir, kerajinan akik Pacitan jadi sumber mata pencaharian yang mempunyai nilai ekspor yang cukup tinggi, baik di tingkat lokal ataupun nasional.

Serta sekian waktu lalu, salah satu yang mengagetkan yaitu fenomena timbulnya batuan kalsedon di lokasi Donorojo, Pacitan, yang disebut sentra kerajinan akik paling besar di pacitan serta sekitarnya. Salah satu type batu mulia ini diburu warga karena harga jualnya cukup tinggi. Karenanya juga, warga ikhlas menggali tanah tegalan sampai malam hari.

“Sekarang yang lagi marak batu kalsedon mas, harga nya cukup mahal, kisaran 250 yang ukuran kecil hingga 2 jutaan per batu. Hingga sekian waktu lalu warga sini banyak yang menggali batu kalsedon untuk di jual, ” kata Adi, salah satu pengrajin akik di Desa Gendaran, Donorojo, pada Portal Pacitanku.

Sesungguhnya, batuan kalsedon yang tiba – tiba bikin ramai karena harga jual yang tinggi ini mempunyai pemicu. Nah, mari kita simak sebagian argumen harga kalsedon yang cukup tinggi di pacitan.

Seperti di ketahui, batu yang saat ini dimaksud kalsedon yaitu kuarsa type kriptokristalin (mempunyai susunan kristal yang sangatlah halus) yang transparan atau tembus sinar, dipakai juga sebagai hiasan serta permata.

Kalsedon tak sekeras kuarsa murni, serta ada dalam jumlah besar di rongga-rongga batu vulkanis. Kalsedon yang umum tak seutuhnya transparan, namun mempunyai bintik-bintik serta pusaran putih-susu. Warnanya bermacam, seperti putih, abu-abu, kuning, biru, serta cokelat.

Kalsedon adalah batu yang umum jadikan permata berukir pada zaman dulu. Namanya di ambil dari nama suatu kota Yunani kuno, Kalsedon (di Asia Kecil), yang pernah jadi sumber mineral itu. Ada pula yang menyebutkan bahwa kalsedon yaitu bahan baku pembuatan a fondasi ketiga tembok Yerusalem Baru.

Tak seperti batu-batu kuarsa yang lain yang seperti Kristal, alsedon banyak berlubang-lubang lembut, hingga mudah untuk di beri beberapa warna spesial dalam batu itu. Batu kalsedon spesifik bakal mengkilau dari dalam sesudah dipoles dengan teratur. Tetapi warna yang paling banyak didapati dari batu kalsedon yaitu warna putih hingga abu-abu, biru-keabu-abuan serta colat jelas hingga coklat gelap.

Jadi memanglah argumen kalsedon jadi batuan yang cukup mahal lantaran memanglah batu type ini langka serta manfaatnya juga sangatlah banyak. Ada yang menyebutkan bahwa kalsedon dapat juga mengobati salah satu penyakit mata. Tak tahu hal semacam ini benar atau tak, yang pasti batu kalsedon yaitu salah satu kekayaan alam yang ada di Pacitan.