Hati Hati "Jangan keburu panik saat siklus menstruasi tidak teratur "


Tiap-tiap minggu, Fortal kesehatan. com buka layanan bertanya jawab sekitar permasalahan kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja bersama dengan tim dokter dari
meet doctor. com yang akan berikan jawaban atas pertanyaan yang di sampaikan oleh pembaca. Tersebut disini satu diantara pertanyaan yang telah tiba di redaksi merdeka. com.

Pertanyaan
Dokter, saya Diah, umur saya 24 th.. Sampai sekarang ini mengapa jadwal menstruasi saya belum juga teratur ya? Saya mens pertama kalinya di umur 13 th.. Hal yang mau saya tanyakan, apakah yang jadi penyebabnya? Karena saya sempat juga terlambat menstruasi sampai 6 bln. serta kemudian jadwal menstruasi normal kembali. Tetapi sebagian bln. lalu balik jadi tak teratur lagi. Terima kasih dokter.

Jawaban
Siklus menstruasi biasanya berlangsung pada hari ke 21 - 35 dengan rawan jarak saat lamanya haid seputar 3 - 7 hari. Hal semacam ini tentu bakal sangatlah beragam pada seluruhnya wanita. Bila siklus haid dibawah 21 serta diatas 35 hari, jadi bisa disebutkan bahwa Anda alami siklus menstruasi yg tidak teratur. Hal semacam ini sangatlah wajar berlangsung serta tentu Anda tak perlu kuatir. Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi supaya terbangun kesehatan reproduksi Anda diluar itu istirahat yang cukup serta janganlah stres yang dapat juga punya pengaruh pada siklus haid Anda. Tersebut ada artikel yang bisa Anda pakai juga sebagai rekomendasi penambahan, http :// meetdoctor. com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur

Dijawab oleh dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Minggu ini merdeka. com mengusung tema sekitar panduan sehat sepanjang musim hujan. Mempunyai pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka. com. Janganlah lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.