Pesan Untuk Suami : Sabar Dan Tegar Mengahadapi Cobaan

Reportase Terkini - Ada pasang surut dalam kehidupan ini, ada nikmat dan ada musibah. Dalam menghadapi itu semua, seyogyanya setiap orang harus bersabar. Allah Swt. memberikan cobaan sebenarnya agar manusia lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bukan karena soal cinta ataupun hal lainnya.




Cobaan yang diberikan Allah Swt. jelas dengan tujuan agar manusia bisa lebih mawas diri serta berhati-hati dalam melangkah. Oleh karena itu, keimanan, keyakinan, tawakal, dan kesabaran yang kokoh amat dibutuhkan oleh tiap suami dalam menghadapi badai cobaan yang menerpa. Sehingga, pada akhirnya, dia tidak berburuk sangka kepada Allah Swt. atas segala ketentuan-Nya.
Baca Juga : Inilah Doa Yang Perlu Dipanjatkan Istri Agar Suami Bisa Menjadi Orang Yang Istiqamah
Dan haruslah diyakini bahwa Allah Swt. tidaklah menurunkan berbagai musibah, melainkan sebagai ujian atas keimanan manusia. Allah pun menjaminkan diri sebagai satu-satunya penolong bagi hamba yang membutuhkan pertolongan-Nya.
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, "Kapankah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat." (QS. Al-Baqarah [2]: 214)

Orang-orang yang sabar dalam menghadapi cobaan hidup ini adalah manusia pilihan yang akan dijadikan Allah Swt. sebagai kekasih-Nya, sebagimana Allah berfirman bahwa Dia-Lah Tuhan yang mencintai orang-orang yang sabar. (QS. Ali Imran: 146) [reportaseterkini]