Tolong Bagikan…!!!Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [MENURUT ISLAM]…{{baca selengkapnya}}


Asal Usul Nyi Roro Kidul menurut islam

Hampir semua penduduk Pulau Jawa, serta bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya bila Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dahulu sampai saat ini dikuasai oleh sesosok mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. 

Asal Usul Nyi Roro Kidul menurut islam 

Kepercayaan atau mitos yang berkembang ini sudah lama ada di kalangan masyarakat kita. Sosok perempuan sebagai pemimpin dari kerajaan ghaib itu juga telah sama dengan mitologi masyarakat Indonesia. 

 Namun untuk orang yang berpikir, hal ini pasti akan memicu munculnya satu pertanyaan. 

Ya, satu pertanyaan berkaitan bagaimana sebenarnya asal usul nyi roro kidul ini hingga ia dapat jadi penguasa serta ratu di jagat ghaib di Selatan Jawa? Apa yang membuat ia begitu tersohor serta masih tetap dikenal hingga saat ini? Penasaran seperti apa kisahnya? Simaklah Pemaparan kami berikut ini. 

Asal usul Nyi Roro Kidul Simpang siurnya info yang ada dan minimnya bukti sejarah yang ada membuat info sekitar asal usul nyi roro kidul sampai kini hanya jadi mitos yang tidak diketahui seberasapa besar nilai kebenarannya. 

Banyak pendapat di masyarakat terkait siapa sebetulnya Nyi Roro Kidul itu sampai akhirnya ia dapat jadi penguasa gaib di Laut Selatan Jawa. 

Namun, perlu di ketahui kalau meski sekian kami sudah merangkum 3 pendapat yang kami rasa paling banyak dipercayai sebagai asal usul nyi Roro Kidul yang sebenarnya. 

Ya, ada 3. 

Berikut pembahasannya. 

1. Asal Usul Nyi Roro Kidul yaitu Ratu Bilqis 
Asal Usul Nyi Roro Kidul bahasa Jawa Ya, pendapat pertama menyebut bila Ratu Kidul sebetulnya yaitu anak dari ratu Bilqis, anak dari ratu yang takluk pada Raja Sulaiman. 

Diriwayatkan kalau setelah ratu bilqis menikah dengan seorang jin pria, ia lalu dikaruniai oleh seorang putri. 

Asal Usul Nyi Roro Kidul bahasa Jawa

Asal Usul Nyi Roro Kidul bahasa Jawa 

Putri ini tidak memiliki raga karena dia bukanlah manusia. 

Dia yaitu jin, sama seperti bapaknya. 

Asal Usul Nyi Roro Kidul bahasa Jawa 
Nah, karena malu memiliki anak seorang jin, ratu bilqis lalu buang anak yang olehnya diberi nama Aurora ini ke satu pulau yang jauh dari kerajaannya. 

Pulau ini di kemudian hari bernama Al-Jawi atau Pulau Jawa. 

Putri Aurora tumbuh serta besar bersama dengan jin-jin lain yang ada di pulau itu. Darah biru yang mengalir di tubuh putri ini lalu membuatnya jadi seorang pemimpin untuk kerajaan jin komunitas itu. 


Seiring berjalannya waktu, karena terjadinya migrasi besar-besaran orang-orang Yunan (China) ke Indonesia serta menempati pulau Jawa putri aurora serta beberapa pengikutnya lalu terusik. 

Mereka geser mengalah karena tidak ingin sangat dekat dengan hiruk pikuk serta keramaian manusia. Mereka pindah ke sebelah sebelah selatan Jawa. Tepat di pesisir pantai laut Selatan. 

Beratus-ratus th. putri Aurora serta pengikutnya bangun kerajaan, akhirnya ia juga lalu mencapai saat kejayaan. 

Banyak sekali kerajaan-kerajaan jin kecil di sekitaran jawa yang takluk serta mengaku bergabung dengan kerajaan laut kidul. 


Lambat laun, ketenaran kerajaan yang dipimpin putri aurora lalu berkembang serta menyebar ke semua penjuru negeri. 

Masyarakat jawa saat itu yang tidak terlalu fasih menyebut kata Aurora lalu mengubah nama sang putri jadi Roro. 

Putri Roro di panggil Nyi Roro. Nah, karena ia jadi penguasa jin di pantai selatan, jadi nama Nyi Roro lalu diberi tambahan kidul (Kidul=Selatan), jadi nama lengkapnya jadi Nyi Roro Kidul. 


2. Asal Usul Nyi Roro Kidul yaitu Dewi Nawangwulan 
Pendapat kedua menyebut bila asal usul nyi roro kidul yaitu Dewi Nawang Wulan. 

Dewi yang disebut istri dari Jaka Tarub. Bila Anda pernah mendengar cerita Jaka Tarub, pasti Anda telah sedikit banyak tahu mengenai nama Dewi Nawang Wulan. 

Ya, dewi yang selendangnya dicuri serta tidak dapat kembali ke kerajaan langit ini diakui sebagai asal usul nyi roro kidul. 

Ia dikutuk oleh kerajaan langit karena telah berani-beraninya menikah dengan manusia (Jaka Tarub) dimana hal ini begitu haram hukumnya. 

Ia dikutuk jadi sebangsa jin serta diperintahkan untuk menjaga pulau jawa agar tidak tenggelam karena keganasan Samudera Hindia. 

Dalam mitologi Jawa, asal-usul nyi roro kidul dari versus yang satu ini tidak begitu banyak memiliki bukti serta terkesan dihubung-hubungkan. 

 Orang-orang Jawa biasanya akan lebih percaya pada pendapat asal usul nyi roro kidul yang pertama. 


3. Asal Usul Nyi Roro Kidul yaitu Raja Jin (Menurut Agama Islam) 
Asal Usul Nyi Roro Kidul Asli Jin Menurut Islam Menurut Agama Islam, asal usul nyi roro kidul tidaklah hal khusus yang perlu diperbincangkan. 

Berdasarkan info Al-Qur’an serta Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul yaitu hal yang wajar terjadi didunia jin. 

Nyi Roro Kidul sendiri dikira sebagai penjelmaan dari pimpinan kerajaan jin di pesisir laut Selatan Jawa, seperti dijelaskan dalam hadist. 

Asal Usul Nyi Roro Kidul Asli Jin Menurut Islam 
Dari hadist itu, kita bisa mernarik kesimpulan kalau asal usul nyi roro kidul serta berbagai kepercayaan lain sekitar hal ini janganlah sangat diambil pusing. 

Jangan kita terjerat oleh berbagai bentuk perangkap yang sengaja di buat Syetan untuk mengelabuhi manusia. 

Cukup berserah diri pada Alloh SWT untuk mencapai keselamatan dunia akhirat. Demikianlah 3 pendapat tentang asal usul nyi roro kidul. Semoga dapat jadi tambahan info untuk Anda. 
Salam