Ndodok di Kamar Mandi Sambil Main Game

Foto: Radar Semeru
 Barangkali ini hobi yang dilakoni orang banyak tapi belum terkuak. Ya, bukan travelling, juga bukan kuliner. Tapi main game di kamar mandi saat buang hajat. Kepergok lalu njingkat-njingkat

      Namanya juga kebiasaan. Jika dilakoni terus menerus akhirnya ya jadi hobi juga. Apapun itu, akan terasa aneh jika tidak dilakukan. Seperti yang dilakukan Cong Kenek asal Kecamatan Kedungjajang.
Lelaki 40 tahun ini ternyata punya hobi menarik. Setiap ke kamar kecil atau toilet  dia tidak pernah sebentar. Tapi selalu lama. “Wetengku senep rek, sik ape neng toilet disek,” ujarnya pada Man Kapit, Mat Tasan dan Mat Pi’i ketika berada di RS Haryoto Lumajang. “Guayamu Cong, awas ojok suwi-suwi. Kebiasaan awakmu iku suwi lek neng kamar mandi,” kata Man Kapit. Cong Kenek tak menggubris. Dia lantas masuk saja ke kamar mandi di salah satu ruang perawatan inap rumah sakit tersebut. “Opo ae rek-rek. ojok ruwet ae tah,” kata Cong Kenek. Sementara tiga kawanan lainnya sedang asyik mengobrol duduk di teras depan kamar perawatan.
Mereka sedang membicarakan banyak hal. Mulai pekerjaan, bisnis, sampai urusan pemerintahan. Saking seriusnya, mereka juga lupa jika saat itu sedang membesuk istri Man Kapit yang sedang dirawat. Disaat itulah, Cong Kenek sedang berada di kamar mandi. Betul dugaan Man Kapit, setiap ke kamar mandi, Cong Kenek tidak pernah sebentar. “Eh rek, koyoke wes meh setengah jam Cong Kenek neng kamar mandi. Kok cek suwene ayok coba di kerjain,” katanya.
Mat Tasan, dan Mat Pi’i yang juga penasaran akhirnya menurut saja pada Man Kapit. Perlahan-lahan ketiganya menuju ke kamar mandi. Melewati ranjang tempat istri Man Kapit yang sedang lemah menjalani perawatan. “Ssssst, menengo ae,” kata Man Kapit pada istrinya yang sedang dirawat dan terbaring lemah. Istrinya yang saat itu mengenakan masker oksigen hanya terlihat tersenyum.
Sesuai petunjuk Man Kapit, akhirnya dua kawanan itupun mengendap-endap tepat di depan kamar mandi. “Rek, iki kamar mandi kuncine rusak, piye lek langsung di dorong ae,” ucap Man Kapit berbisik. Mat Tasan dan Mat Pi’i manut saja. Keduanya mengangguk ke arah Man Kapit.
Disaat semuanya sedang berdiri dan mengarahkan pandangan tepat dipintu kamar mandi, Man Kapit langsung mendorong pintu itu. “Hayooooo,” katanya. Spontan Cong Kenek njingkat. Smartphone yang dipegang kedua tangannya hampir jatuh. Dia yang terlihat ndodok awalnya terburu-buru menutup pintu. Sementara Mat tasan, Mat Pi’i dan Man Kapit terpingkal-pingkal melihat aksi Cong Kenek yang tergopoh-gopoh itu. Parahnya lagi, disaat pintu terbuka dan Cong Kenek hendak menutup kembali pintu itu, kaki Man Kapit sudah terburu diganjalkan di depan pintu. Membuat pintu tetap terbuka dan tidak bisa ditutup oleh Cong Kenek.
“Oh iki tah sing dilakoni neng kamar mandi. Ndodok karo main game ngeneh iki tah Cong,” ujar Mat Tasan. “Ealah, tibakne awakmu iki hobine main game karo buang hajat tibakne Cong,” lanjut Mat Pi’i. “Wes rek, iki jenenge hobi baru. Ojok diprotes. Terusne main game Cong,” kata Man Kapit.
Cong Kenek mencak-mencak. Awalnya memang dia ndodok. Namun, sesekali dia berdiri untuk berusaha menutup pintu. “Wes rek, ojok guyon. Ojok garai rame. Iki rumah sakit loh rek,” pintanya memelas. “Wes weruh, sopo omong iki bank. Iki ancen rumah sakit,” kata Mat Tasan.
Cong Kenek terlihat malu. Dia tidak ingin ramai karena di kanan-kiri kamar itu banyak pasien yang sedang dirawat. “Wes ndak usah suwe-suwe, ndang metu ayok rek. Iso semaput arek iki engkok, ketambahan pasiean lak awak dewe sing repot,” ucap Man Kapit.Ajakan itu tak membuat tawa dari dua kawanan lainnya terhenti. Justru semakin ngakak. Sebab, Cong Kenek ketahuan belangnya saat buang hajat. Terpenting lagi, dia juga ketahuan bahwa yang dilakukan di kamar mandi itu bukan sekedar buang hajat. Melainkan nge game. Itu terlihat dari tampilan layar smartphonenya yang sedang menunjukkan salah satu aplikasi game.
Ketiganya kemudian kembali ke teras. Istri Man Kapit yang awalnya lemas ternyata terlihat mingkel-mingkel juga. Sementara Cong Kenek buru-buru mengakhiri bermain game nya di kamar mandi. Dia kemudian keluar dengan wajah kusut bercampur malu.
”Sesok-sesok lek neng kamar mandi ojok nge game Cong. Mesakne sing antre iki akeh,” kata Man Kapit yang direspon terpingkal-pingkal oleh dua kawannya. “Mosok rek-rek. kok cek nemene lek ngerjain aku. Gak penak yoh lek delok aku seneng,” kilah Cong kenek.

“Yo asline penak Cong. Cuma caramu iku sing garai wong geregeten. Lek main game iku neng keneh kan iso. Ngunuh ae sik main game neng kamar mandi. Iku hobi opo kebiasaan Cong,” Tanya Mat tasan. “Emboh wes, bahas laine ae,” tanggap Cong Kenek yang ditertawakan tiga kawannya.