Doa Agar Kita Bisa Menjadi Orang Yang Bersyukur Dan Tiga Elemen Untuk Membangun Rasa Syukur

Reportase Terkini - Untuk membangun rasa syukur itu, menurut Imam Ghazali, harus ada tiga elemen. elemen pertama adalah ilmu, elemen kedua adalah perasaan, dan elemen ketiga adalah amal.




1. Ilmu. Untuk mengetahui seseorang itu benar-benar bersyukur, hal pertama yang perlu ada adalah ilmu. Hakikat tentang nikmat itu perlu diketahui. Ilmu tentang nikmat ini akan memampukan seseorang untuk memahami nilai nikmat tersebut dan selanjutnya menghargai nikmat itu.

2. Perasaan. Bila menerima suatu nikmat, seseorang haruslah mempunyai perasaan gembira dan bahagia. Bagaimana mungkin seseorang itu hendak bersyukur seandainya ia tidak mengalami rasa apa-apa apabila menerima nikmat tersebut?

3. Amal. Setelah seseorang mempunyai ilmu dan perasaan bahagia, rasa syukur tersebut perlu diwujudkan melalui perbuatan. Dalam hal ini, seseorang perlu menggunakan nikmat yang telah diperolehnya untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.
Baca Juga : 3 Cara Untuk Menenangkan Hati Dan Menghibur Suami Ketika Suami Galau Tidak Memiliki Pekerjaan
Untuk membangun ketiga elemen ini, seseorang harus terus berdoa agar dirinya bisa menjadi orang yang bersyukur. Doanya adalah:

Rabbi awzi'niy an asykura ni'matakallatiy an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy 'ibadikash shaalihiin."

Artinya  : "Wahai Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orangtuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS. An-Naml [27]: 19) [reportaseterkini]